Kursus KONTEN KREATOR SOSMED bersama MEU Academy

Rabu, Oktober 23, 2024 | |

Kursus KONTEN KREATOR SOSIAL MEDIA bersama MEI Academy


Gratis

Pemilik dan Pengajar : Akbar Wibisono

Pengajar : Richa Alfiani

*Mengenal Raport Facebook*

Udah punya akun Facebook kan?

Udah posting konten juga, tapi… kok masih sepi ya? 

Nah, jangan patah semangat dulu! Kali ini kita bakal belajar rahasia di balik angka-angka ajaib di Facebook mode profesional. 

Yup! kita akan bedah Insight dan Analytics akun

Gampang kok, anggap aja kayak lihat nilai raport anda tapi versi Facebook. Hehe

Kalau paham, kamu bisa tahu konten mana yang bikin orang betah dan mana yang bikin mereka lari. Yuk, mulai!

*1. Apa Itu Insight di FB Pro?*

Insight itu kayak CCTV-nya Facebook buat kontenmu. Dari sini, kamu bisa lihat siapa aja yang mampir ke akunmu, umur mereka, kota tempat tinggal, sampai kapan mereka tidur (eh, nggak sampai segitunya sih 🤣).

Lihatnya di sini ya

Tapi serius, Insight ini penting banget biar kamu tahu apakah target audiensmu udah tepat atau masih ngambang.

Contoh: kamu bikin konten resep masakan untuk ibu rumah tangga, tapi yang nonton kebanyakan anak kuliahan? Nah, itu berarti ada yang perlu diatur lagi di strategimu.

Nah, seperti ini penampakan secara umum dari yang namanya insight FB profesional 👇


*2. Metrik Utama yang Wajib Kamu Tahu!*

Di Facebook, ada banyak angka yang muncul, tapi jangan pusing dulu! Fokus ke beberapa metrik utama ini yang paling penting :

*A. Reach (Jangkauan)*

Ini jumlah orang yang ngeliat kontenmu. 

Semakin besar reach, semakin banyak orang yang terpapar kontenmu (asik, kayak kena sinar matahari aja!) Hehe

Kalau reach kecil, mungkin kontenmu kurang menarik atau kurang sering muncul.


Fb saya 15 % berwarna merah berarti konten saya kurang menarik audiens:


*B. Engagement*

Ini yang paling penting!

Engagement itu interaksi orang dengan kontenmu—like, komen, share, klik, dll. 

Semakin tinggi engagement, semakin sayang mereka sama kontenmu. Kalau engagement-nya rendah, mungkin kontenmu kurang greget.

Cara liatnya gini...

1. Tinggal klik *Insight*


2. Klik *Lihat Semua*



Nah seperti ini tampilannya..
Pada contoh di atas ada penurunan 27% dari 28 hari sebelumnya

Fb saya, artinya ada penambahan Engagement  26% (warna hijau) dari 28 hari sebelumnya. Engagement itu interaksi orang dengan kontenmu—like, komen, share, klik, dll. Orang suka dengan konten yg saya buat.

*C. Pertumbuhan Pengikut*

Ini memantau perkembangan follower anda dari waktu ke waktu.

Naik atau turun bisa di cek di sini.

Untuk masing-masing keterangan nya juga sudah ada tinggal di baca ya 😊

Ini Pertumbuhan Pengikut fb saya :


*D. Jumlah Tayangan Video*

Ada tayangan video 3 detik dan 1 menit.

Ini menunjukkan frekuensi video anda di putar min 3 detik awal dan 1 menit awal.



Fb saya :



*3. Demografi*

Demografi ini penting buat tahu siapa target audiensmu yang sebenarnya. 

Kamu bisa liat di sini :

*A. Usia dan Jenis Kelamin*

Kamu bisa lihat usia dan jenis kelamin dari penonton kontenmu. Ini penting biar kamu bisa sesuaikan gaya bahasa dan kontenmu.

*B. Lokasi*

Tempat tinggal pengikutmu, Ini bisa jadi panduan buat bikin konten yang lebih lokal dan relatable. 

Kalau mayoritas audiensmu dari Jakarta, ya jangan bahas cuaca di Kutub Utara dong! 😂




*4. Tiap Konten Ada Nilainya, Pelajari!*


Di bagian Insight ini, kamu bisa cek performa tiap konten yang kamu posting. 

Konten mana yang performanya paling bagus? Konten mana yang kurang disukai? Ini semacam evaluasi harian buat tahu mana yang harus kamu kembangkan!

Contoh...
Konten A (video lucu): Reach biasa aja, engagement juga rendah → mungkin perlu di evaluasi lagi

Konten B (Video Edukasi Seputar Cara Perawatan Handphone): Reach Besar, engagement Tinggi → Hmmm, lanjut terus!

Nah ini contoh yang udah dapat penghasilan juga

2 gambar di atas contoh aja ya...
Ingat, belajar dari konten yang berhasil dan yang gagal itu penting!
Kenapa Penting Paham Insight?
Kamu mungkin mikir, _"Aduh, ribet amat ngeliatin angka-angka ini!"_

Tapi percayalah, kalau kamu udah paham, kamu bisa bikin strategi konten yang lebih mantap.

Ini ibaratnya kamu udah pegang peta rahasia buat bikin kontenmu viral. Insight ini membantu kamu untuk fokus ke audiens yang tepat dan bikin konten yang memang mereka inginkan. So, jangan buang-buang waktu deh!

Nah, setelah belajar Insight, apa yang harus kamu lakukan?

- Evaluasi konten : Lihat mana yang performanya paling oke, terus buat lebih banyak konten sejenis.

- Atur ulang target audiens : Kalau ternyata audiensmu beda dari yang kamu bayangkan, jangan takut buat ubah strategi konten.

- Posting di waktu yang tepat: kalau di negara kita itu di jam-jam sebelum kerja, istirahat siang dan jam pulang kerja.

Kamu kira-kira sendiri aja deh 😁

Nah sampai sini boleh jika ada yang ingin di tanyakan ya


Fb saya :






Daftat Insight Konten Facebook Pro ki hqri ini, Kamis 24 Oktober 2024 :










Apa arti angka 218 yang ada di Jangkauan itu?

Jawaban Kak Akbar Wibisono :

Artinya kontennya sudah mencapai 218 akun
Yang gak ada berarti data nya belum cukup

Artinya ada 218 akun yg baca.

Minimal ada 100 akun baru bisa terbaca di insight

Saya coba urutkan Jangkauan dari yang tertinggi ke terendah :

Ternyata benar nyanyi dengan menggunakan video nyanyi langsung lebih banyak jangkauannya 
Ternyata yang paling disukai :
  1. Saya nyanyi langsung kelihatan muka (video)
  2. Saya nyanyi tanpa muka
  3. Motivasi Hidup
  4. Konten CapCut
  5. Quest King Game TibiaME







Oiya, catatan sebelum buka pertanyaan. Fitur yang saya jelaskan tadi hanya bisa di lihat di akun FB mode profesional ya

Jika belum mode profesional bisa di ubah dulu.

Caranya masuk ke profil anda, klik titik 3 kanan bawah, lalu Scroolling ke bawah pilih aktifkan mode profesional 😊

Lebih rekomendasikan kan pakai suara asli jika bikin konten.

Durasi video tergantung kebutuhan.

FB pro sebenarnya hanya khusus untuk monetisasi.
Kalau mau buat jualan harus pakai cara soft selling. Bisa storytelling atau covert selling.

Gak penting soal level fb. Konsisten ngonten aja nanti penuh sendiri.

Jadi, Konsisten aja bikin konten nanti rapot fb insight nya bakalan hijau.

Jika raport angkanya merah berarti ada penurunan. Lumrah semuanya ngalamin.

Bikin konten sholawat, bisa aja tapi kalau bisa rekaman sendiri ya. Kalau asal nyomot dari YouTube misalnya bakalan kena klaim hak cipta.

Dampak buruk nya suara di konten di bisukan.

Buat konten minimal 1-2 Menit. Karena iklan in-stream itu ada di video durasi panjang.

Karaoke potensi kena klaim hak cipta juga.


TIN = Tex identification number
Nomor yang bisa mengidentifikasi identitas kita. Bisa pakai nik KTP

Bikin konten yg bagus adalah 2-3 kali sehari.

Optimasi konten maksudnya Segala sesuatu yang menjadi sebab agar konten kita ditonton lebih banyak orang.

Ada banyak faktor.

Selain dari segi konten, pelajari juga Algoritma YouTube 

Seperti hal nya cara setting nama akun, profil, Thumbnail, menentukan hashtag, dll

Jika profil kita seperti ini :
Artinya : Ada konten yang melanggar.

Dampaknya akun bisa jadi tidak direkomendasikan. Sehingga jangkauan konten-konten kita dibatasi.

Untuk menormalkannya, 

Hapus hapus konten yang melanggar itu tadi.

Nah, berhubung di sini konten udah dihapus oleh pihak FB maka yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk tidak melakukan pelanggaran lagi.

Ikuti yang FB mau.

Kalau gitu tehnik jualannya yang perlu diperbaiki.

Soalnya di sini tertera pelanggaran merek dagang dan barang palsu. 

Maka kemungkinan ada sesuatu yang kurang relevan yang kita tampilkan. 

Bisa dari caption atau juga dari isi video atau teks pada videonya itu sendiri.

Dan kalau mau jualan di medsos maka jangan asal jualan gitu aja.

Bisa gunakan tehnik Covert Copywriting untuk jualan di medsos.

Hapus konten yang kira-kira terdeteksi pelanggaran Kk. Jadi bukan karena konten jualannya.

Konten jualan, selama kita jualanya bener, tidak melanggar aturan Meta ini akan tetap aman.

Untuk postingnya di mana, ini sama saja.

Yang penting konten kita tidak melanggar aturan Meta.

Fb Pro bisa dipakai buat jualan. Selama konten masih relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. 
Dan saat jualan bisa gunakan tehnik Covert Selling.


Soft selling: masih tercium bau-bau penawaran meskipun itu tipis

Covert selling sama sekali tidak terlihat adanya penawaran.


Baiklah ...

Berhubung sudah jam 21.00 kita break dulu, ya.

Insyaallah kita lanjut lagi besok. Dalam ...

*Tehnik Dasar Optimasi Instagram*

Oke karena sudah 5 Menit, sekarang kita siap-siap ke materi ya 😊

Namun sebelumnya, saya perkenalkan dahulu siapa yang akan memberikan Materi pada malam ini...

Beliau adalah Mbak *Ari Wuriawati*, saat ini beliau dikenal sebagai...

-  *Praktisi Instagram Marketing Sejak dari 2018*

- *Ibu Rumah Tangga

- *Telah Mengelola belasan Akun Instagram dengan Follower berjumlah ratusan Ribu*

- Beliau juga merupakan salah seorang *Top Reseller* beberapa Produk Tingkat Nasional.

Keren banget kan ?? 😍😍

Okelah Agar tidak terlalu malam, karena beliau ada keperluan ijinkan saya forward materi dari beliau malam ini.

Karenanya, yuk simak materi dari beliau 👏👏👏

*Bongkar Strategi Reels Viral & Berpotensi Menjual*

Apa sih keuntungan Reels yang viral? Banyak View dan luas jangkaunnya?

1. Memberikan manfaat lebih kepada pemirsa (audiens) IG
2. ⁠Meminimalisir biaya iklan
3. ⁠Membangun aset digital
4. ⁠Bisa di Monetisasi, seperti FB Pro… saat ini yg udah bisa digunakan Fitur Langganan dan Gift di Reels
5. ⁠Berpotensi Meningkatkan Omset Penjualan

Biar temen2 punya gambaran, aku kasih study casenya yaa…

Kunci Viral di Reels, 

1. Tentukan topik pembahasan yang spesifik, 
2. ⁠Gunakan audio asli, kalo mau pakai sound dari IG, pilih Sound yang sedang trend
3. ⁠Durasi pendek, 
4. ⁠Hook yang bisa bikin audiens berhenti scrolling dan lihat konten
5. ⁠Trik yang masih berguna sampe saat ini 👉 Tambahkan tulisan “Baca Caption”


Aku kasih salah satu contoh reels punyaku yg sempet viral yaa… 



Bisa temen2 pelajari, amati dan silakan jika mau dipakai polanya 👌

Terus gimana caranya setelah reels viral dapet penjualan?

1. Manfaatkan fitur lain seperti optimasi bio, taruh link penjualan disana
2. ⁠Manfaatkan IG story untuk jualan, langsung tambahkan CTA biar audiens gampang aksesnya
3. ⁠Simpan Story jualan di sorotan (Highlight IG)
4. ⁠Balas komentar dan DM yang masuk, sering2 cek dipermintaan pesan yaa… karena follower baru biasa DM nya masuk filter

Aku bakalan spill cara bikin story IG dengan CTA langsung yaa… 👇🏽

Supaya lebih jelas aku kasih audio ya manteman…


Cara membuat Instagram Story :

1. Masuk ke beranda
2. Klik tanda plus dipojok kiri atas
3. Ambil foto atau pilih fotonya di galery
4. Tambahkan text (bebas)
5. Klik sticker
6. Pilih Tautan. Tautan disini di link dari shopee krn aku sbg affiliate shopee. Jika anda jualan di WA atau lainnya bisa ditambahkan link WA nya
7. copy
8. Bagian bawah nya diganti dg tulisan *Beli Disini* atau *Klik Disini*
9. Klik Next 2x
10. Klik Sorotan
11. Klik Sorotan supaya Story kita itu bisa dilihat oleh follower baru. Tidak terbatas dalam 24 jam. Jasi ketika mampit ke profil kita, mereka bisa lihat semua sorotan atau semua story yg sudah kita arsipkan di kolom sorotan


O iya, sambil bersantai ...

Sejauh ini kita sudah belajar,  mulai dari ....

*Menentukan Niche*
*Mengumpulkan Target Audiences*
*Mengenal jenis-jenis konten*
*Mencari ide*
*Bikin naskah*
*Editing*

Apa yang Teman-teman rasakan?

Boleh pesan dan kesannya. Supaya materi yang belum dishare bisa saya perbaiki lagi.🙏


Tanya :
Hallo kaka kenapa ya upload videonya mentok di 200viuw

Jawab :
1. Minim interaksi
2. Video kurang menarik
3. Tidak membahas topik yang relate dengan audiens

Views di Instagram bisa mentok di angka 200-an karena beberapa faktor utama:

1. **Engagement Rendah**: Konten mungkin kurang menarik sehingga audiens tidak berinteraksi (like, comment, share). Algoritma IG akan mengurangi jangkauan jika engagement-nya rendah.
   
2. **Waktu Posting Tidak Optimal**: Jika kamu posting di waktu saat audiensmu tidak aktif, konten bisa kehilangan momentum awal yang penting.

3. **Hashtag Kurang Tepat**: Hashtag yang tidak relevan atau terlalu umum bisa membuat konten sulit ditemukan oleh audiens baru.

4. **Kualitas Konten**: Video atau gambar yang kurang menarik dalam 3 detik pertama bisa membuat orang langsung skip, mengurangi views.

5. **Tidak Konsisten**: Posting yang tidak konsisten bisa mengurangi algoritma IG untuk memprioritaskan kontenmu di feed pengikut.

Nah kurang lebih itu



IG saya @anitasitus
Komen Kak Arie Rachmaniah :
Keren nih udah konsisten postingannya,
Hanya perlu sedikit sentuhan di bagian bionya kak, bisa ditambahkan link di bio untuk CTA, bisa ditambahkan link WA atau link templatenya


IG ini https://www.instagram.com/stories/gudangkurmaqurbee/3485930422582094498?igsh=NXBiZnAwcDl3dGph
Komen Kak Arie Rachmaniah :
Bagus kak, untuk sticker tangannya bisa dikecilin ya supaya tdk menutupi tulisan dibawahnya.
Cara kecilin dicubit aja layarnya pas di sticker.


Tanya:
Apa yang dimakaud dengan memberikan sentuhan di bagian bionya?
Bagaimana cara menambahkan  link di bio untuk CTA?
CTA itu apa sih? Bagaimana cara bautanya?
Bagaimana cara menambahkan link WA atau link template di Instagram?

Teman-teman di sini pada mau kan, kontennya itu viral?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan memposkan komentar ^.^

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...