Revolusi AI Artificial Intelegent

Senin, Mei 29, 2023 |

 Revolusi AI



"Bu tolong bantu edit foto ini ya", Vice GM Taman Safari tetiba WA saat saya meeting dengan finance. Beliau mau print gambar impala untuk dekorasi. Sebelumnya beliau udah print tapi pixelate, dan saya refuse untuk pakai gambar tersebut. Itu sebabnya saya disuruh edit sendiri biar sesuai standar kami. 


Setelah meeting, ga lama saya info kalo udah jadi. So saya tunjukkan perbedaan gambar yang beliau kirim dengan gambar HD setelah saya ubah. Eh project managernya datang, lalu bertanya "Ibu pake program apa, kok bisa cepet?". Saya jawab " Pake AI mba", dia masih pikir, saya pake Adobe Ai. Enggak mba, saya pake Artificial Inteligent semacam GPT gitu. "O, I see" 


Tahun 2023 ini adalah eranya AI, dimana perkembangannya sudah sangat user friendly, kasarannya bisa banget bantu kita dalam berbagai pekerjaan. So far saya baru gunakan untuk membantu pekerjaan digital. Tetapi saya mulai berfikir untuk menggunakan AI di level managerial juga. Karena costnya jauh lebih rendah di banding menggunakan manusia. 


Dulu kita berbondong bondong untuk memberikan anak anak kita pendidikan digital skill yang wow. Les coding, bikin website, robotik, animasi, dll menjamur dimana mana. Kita bangga saat anak kita bisa bikin game sederhana, bisa bikin website, bisa gerakkan robot, bikin animasi dan semacamnya. 

Saat ini semua itu sudah bisa dilakukan AI dengan lebih cepat, efisien dan murah. 


Coba tanyakan mahasiswa saat ini, mereka bikin resume, laporan, presentasi dll, akan minta tolong AI seperti chat GPT. Ketik aja "I want to make presentation about dinosaurs", tar codingnya muncul, trus bisa di copas ke sofware presentasi. Tadaaaaa jadilah


Yang membedakan tentu sedikit effort untuk mengubah, menambahi, mengurangi disana sini, itu kalo anaknya rajin dan pintar. Kalo bocahnya males ya apa adanya dikash ke dosen. Nah para dosen saat ini juga paham, makanya beliau semua kalo ngecek tugas mahasiswa juga pake AI. Yo rak kalah pinter to ya


Tetapi justru ini jadi keprihatinan saya, "lha njuk sing disinauni ning sekolah opo, kalo semua bisa dikerjakan AI?", tentu ini jadi peer buat pendidikan kita ke depan. Bagaimana menciptakan generasi yang punya distinctive skill diluar apa apa yang bisa dikerjakan AI


Sumber : facebook Ferdias Bookelmann

https://www.facebook.com/1770122263/posts/pfbid028VGViuijgiYa1rJT4bcfxmXRddtsfHrXBUDabx2YcTB5wZLYaqeiBmEZJKPvUFnLl/?mibextid=Nif5oz


Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Sekitar Paskah, Kebangkitannya dan Kita

Jumat, April 21, 2023 |
1 Korintus 15:13



SEKITAR PASKAH

Fri, Apr 21, 2023

....................................

Pdt. Hubert Lantu, MTh


1 Korintus 15:12  Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati?


=====


RHEMA/RENUNGAN/PENJELASAN


KEBANGKITANNYA DAN KITA


1. Hubungan erat tidak bisa diputuskan antara keduanya.


¹¹ Yang berkembang di jemaat Korintus pengaruh kafir/berhala bhw tak ada kebangkitan orang mati.


¹¹¹ Ingat mahzab Saduki yg juga tak percaya adanya  kebangkitan dan roh (Mahzab Parisi percaya keduanya).


2. Kebangkitan Yesus bukti akan kebangkitan manusia juga pada waktunya.


²¹ Kebangkitan Yesus, mendatangkan sukacita dan pengharapan kita dalam melanjutkan kehidupan ini dan masa depan ( : 19--20).


²² Dpl IA bangkit supaya kitapun bangkit... Puji Tuhan.


(Sumber : Pdt. Hubert Lantu, M.Th.)


Note :

Dpl = Dengan perkataan lain


Link terkait :


MASIH SEKITAR PASKAH


●PERAN MALAEKAT & PEREMPUAN


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167999955930554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-peran-malaekat-dan.html?m=1


●PERUNDINGAN PALSU, DUSTA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168003737950554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-perundingan-palsu-dusta.html?m=1


●TAK MENYADARI DIA  HADIR


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168007925040554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-tak-menyadari-dia-hadir.html?m=1


●AMANAT KEBANGKITAN


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168011376015554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-amanat-kebangkitan.html?m=1


●KEBANGKITANNYA DAN KITA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168015048430554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-kebangkitannya-dan-kita.html?m=1



#FirmanTuhan #Alkitab #Injil

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Sekitar Paskah, Amanat Kebangkitan

Kamis, April 20, 2023 | | | |
Lukas 24:26, 38


SEKITAR PASKAH

Lukas 24:36, 38

36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah

 mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!"¹

38 Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan² di dalam hati kamu?


=====


RHEMA/RENUNGAN/PENJELASAN


AMANAT KEBANGKITAN


36¹ Indahnya kalimat² awal kebangkitan adalah salam damai yg biasa digunakan oleh umat Yahudi.


¹¹Bukannya balas dendam karena ditinggalkan dan disangkali para murid saat derita.


¹² Sebaliknya ucapan berkat justru bagi mereka.


¹³ Hakekat relasi Kristiani kita hendaklah seperti itu.


38 ² Janganlah ragu.


38 ²¹ Janganlah hanya memakai akal atau perasaan untuk perkara iman kebangkitan.


49  Menjadi saksi Kebangkitan bukan dengan kekuatan sendiri tapi kuasa Roh Kudus; itu sebabnya amanat kebangkitan adalah menunggu kuasa Roh Kudus di Yerusalem bagi para murid.


Janganlah pernah bersaksi dengan mengandalkan kekuatan sendiri, tapi kuasa Roh Kudus.


(Sumber : Pdt. Hubert Lantu, M.Th.)


Link terkait :


MASIH SEKITAR PASKAH


●PERAN MALAEKAT & PEREMPUAN


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167999955930554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-peran-malaekat-dan.html?m=1


●PERUNDINGAN PALSU, DUSTA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168003737950554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-perundingan-palsu-dusta.html?m=1


●TAK MENYADARI DIA  HADIR


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168007925040554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-tak-menyadari-dia-hadir.html?m=1


●AMANAT KEBANGKITAN


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168011376015554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-amanat-kebangkitan.html?m=1


●KEBANGKITANNYA DAN KITA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168015048430554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-kebangkitannya-dan-kita.html?m=1



#FirmanTuhan #Alkitab #Injil

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Sekitar Paskah, Tak Menyadari Dia Hadir

Rabu, April 19, 2023 | | | | |
Lukas 24:16


SEKITAR PASKAH


Wed, Apr 19, 2023

...........................................

Pdt. Hubert Lantu, MTh


Lukas 24:16

Tetapi ada sesuatu¹ yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat² mengenal Dia³.


=====


RHEMA/RENUNGAN/PENJELASAN


TAK MENYADARI DIA  HADIR 


Dalam perjalanan ke desa Emaus (+/- 11 km dari Yerusalem) kedua murid bercakap² ttg peristiwa kebangkitan Yesus. Tatkala Yesus hadir dan berjalan bersama mereka, mereka tidak mengenalNya. Mengapa ?

Ada yang menghalangi.

Apakah itu? 


¹ Rasionalitas, sehingga peristiwa kebangkitan tidak dapat mereka terima dengan akal sehat mereka? Atau perasaan putus asa yang begitu mendalam sehingga tidak dapat mengenali Tuhan yang berdiri di depan mereka?


² Yesus hadir dg tubuh kebangkitan yg tak dikenal oleh mereka,


³ Tapi Yesus menjelaskan isi Kitab Suci ( : 25-27) lalu perjamuan kudus. Saat itulah mata mereka terbuka dan mengenal Dia.


³¹ Marilah bertekun dalam membaca Kitab Suci dan mengikuti Perjamuan kudus, maka kita menyadari Tuhan ada dekat.


(Sumber : Pdt. Hubert Lantu, M.Th.)


Link terkait :


MASIH SEKITAR PASKAH


●PERAN MALAEKAT & PEREMPUAN

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167999955930554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-peran-malaekat-dan.html?m=1


●PERUNDINGAN PALSU, DUSTA

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168003737950554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-perundingan-palsu-dusta.html?m=1


●TAK MENYADARI DIA  HADIR

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168007925040554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-tak-menyadari-dia-hadir.html?m=1


●KEBANGKITANNYA DAN KITA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168015048430554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-kebangkitannya-dan-kita.html?m=1



#FirmanTuhan #Alkitab #Injil

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Sekitar Paskah, Perundingan Palsu, Dusta

Rabu, April 19, 2023 | | | | |
Matius 28:11-13


SEKITAR PASKAH


Tue, Apr 18, 2023

...........................................

Pdt. Hubert Lantu, MTh


Matius 28:11-13


11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.


12 Dan sesudah berunding¹ dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang² kepada serdadu-serdadu itu


13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.¹


=====


RHEMA/RENUNGAN/PENJELASAN


PERUNDINGAN PALSU, DUSTA


12¹ Perundingan palsu terjadi demi penyelamatan diri para penjaga, tapi juga para imam² kepala.


12² Uang selalu menjadi penyebab dusta, demi perlindungan diri atau fitnah atau demi menumpuk kekayaan?


13¹ Inilah sikap hoaks tak bermoral penuh kejijikan yang dilakukan oleh pemimpin agama/ para imam² kepala yang telah kehilangan kebenaran.


(Sumber : Pdt. Hubert Lantu, M.Th.)


Link terkait :


MASIH SEKITAR PASKAH


●PERAN MALAEKAT & PEREMPUAN

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167999955930554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-peran-malaekat-dan.html?m=1


●PERUNDINGAN PALSU, DUSTA

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168003737950554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-perundingan-palsu-dusta.html?m=1


●TAK MENYADARI DIA  HADIR

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168007925040554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-tak-menyadari-dia-hadir.html?m=1


●KEBANGKITANNYA DAN KITA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168015048430554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-kebangkitannya-dan-kita.html?m=1




#FirmanTuhan #Alkitab #Injil

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Sekitar Paskah, Peran Malaekat dan Perempuan

Rabu, April 19, 2023 | | | | |
Matius 28:7-8


Masih sekitar PASKAH

Mon, Apr 17, 2023

...........................................

Pdt. Hubert Lantu, M.Th.


Matius 28:7-8


7 Dan segeralah pergi dan katakanlah¹ kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."


8 Mereka¹ segera pergi dari kubur itu, dengan takut bercampur dengan sukacita besar,  berlari cepat-cepat untuk memberitahukan¹ nya kepada murid-murid Yesus.


=====


RHEMA/RENUNGAN/PENJELASAN


PERAN MALAEKAT & PEREMPUAN


7¹ Dari dunia roh, para malaekatpun bersukacita dan ikut memberitahukan ttg kebangkitanNya pada wanita² itu.


7¹¹ Kebangkitan Yesus berdampak kedalam dunia roh. Malaekat dan manusia menyatu dalam sukacita kebangkitan sampai hari ini.


8¹ Para wanita itu yg sering dianggap lemah bersama malaekat, adalah pemberita Injil kebangkitan.


8¹¹ Bukan hanya pria, wanitapun sering dipakai Tuhan sebagai alat kesaksian....... Mari kita menyadarinya......  Puji Tuhan.


(Sumber : Pdt. Hubert Lantu, M.Th.)


Note :


Menjadi saksi kebenaran akan Yesus yang telah bangkit


Injil Matius 28:8-15


Tidak ada saksi tentang kebangkitan Yesus. Hanya ada beberapa perempuan yang hendak menengok kubur Yesus dan menemukan kubur kosong. Kepada mereka seorang malaikat menampakkan diri dan mewartakan bahwa Ia sungguh telah bangkit. Mereka diingatkan akan warta sebelumnya, bahwa sesudah tiga hari Ia akan bangkit.


Kebangkitan Kristus berarti kemenangan atas maut, yakni dosa dan mulainya hidup baru. Bersama Dia selalu ada hidup baru bagi dunia dan bagi kita sekarang dan selamanya. Artinya pengikut Kristus tidak tenggelam pada perstiwa kelam masa lalu. Mereka selalu diajak untuk melihat cahaya ilahi yang baru pada hari ini.


Beberapa perempuan dan para murid yang tetap setia kepada Yesus percaya bahwa Yesus sungguh-sungguh telah bangkit. 


Panggilan untuk mengimani Kristus akan menjadi sebuah alasan mendasar bagi kita sekalian untuk juga percaya akan Yesus yang sudah bangkit. Pengalaman iman akan Yesus membantu kita untuk lebih percaya akan kebangkitan-Nya serta yakin bahwa Ia hidup bagi kita. 


Para murid percaya dan kita pun sepantasnya percaya juga akan kebangkitan Yesus. 


Berkat kepercayan dan iman, kebangkitan Yesus menjadi nyata dan sebuah kebenaran.


Link terkait :


MASIH SEKITAR PASKAH


●PERAN MALAEKAT & PEREMPUAN

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167999955930554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-peran-malaekat-dan.html?m=1


●PERUNDINGAN PALSU, DUSTA

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168003737950554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-perundingan-palsu-dusta.html?m=1


●TAK MENYADARI DIA  HADIR

Penjelasannya ada disini :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168007925040554&id=856040553&mibextid=Nif5oz

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-tak-menyadari-dia-hadir.html?m=1


●KEBANGKITANNYA DAN KITA


Penjelasannya ada disini :


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10168015048430554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sekitar-paskah-kebangkitannya-dan-kita.html?m=1


#FirmanTuhan #Alkitab #Injil

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Didalam Kristen Tidak Dikenal Istilah Takdir

Sabtu, April 15, 2023 | | | |


DALAM KRISTEN TIDAK KENAL ISTILAH TAKDIR


Yakobus 1:13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.


Yakobus 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.


=====


RHEMA

Di dalam iman Kristen kata ‘Takdir’ tidak ada (karena takdir memang dari bahasa Arab/bahasa Al-Qur’an), tetapi di dalam ajaran Kristen takdir dikenal sebagai ‘Sesuatu yang telah ditentukan sejak semula oleh kehendak dan kuasa Allah’, pengertian tersebut adalah terjemahan/tafsiran dari kata ‘PROORIZO’ (bhs Yunani) yang dalam terjemahan bahasa inggris adalah ‘Predestination’ dan sering dalam bahasa Indonesia di terjemahkan sebagai ‘Predestinasi’.


Jadi di dalam iman kristen tidak ada yang namanya takdir, tapi lebih di kenal dengan kata rancangan tuhan, rancangan tuhan selalu baik tapi tergantung kita akan mengikuti jalan yang ditunjukannya atau tidak, seperti saat Yudas menghianati TUHAN, Yudas berdiri di dua persimpangan yang satu menghianati TUHAN atau TIDAK, tapi Yudas salah memilih jalan dan berakhir menjadi dosa.


Jadi menurut yang dapat kami simpulkan dalam iman kristen takdir tidak ada, yang ada adalah rencana TUHAN, dan setiap rencana itu pasti indah, tergantung jalan apa yang kita pilih untuk melewati rencana yang TUHAN telah siapkan.


Didalam kehidupan manusia tidak ada yang namanya takdir dan kehendak bebas, yang ada adalah rencana TUHAN yang indah, tapi bukan berarti karena Tuhan sudah merencanakan sesuatu yang indah bagi kita, kita bisa seenaknya. Oleh karna itu tugas manusia memilih jalan yang tepat yang TUHAN tunjukan agar dapat sampai ke rencana indah yang telah di siapkan TUHAN.


PENUTUP

Kesimpulan : 

Jadi di agama kristen tidak ada yang namanya takdir, karena kata takdir berasal dari kata serapan dari Al-Quran, di dalam ALKITAB juga tidak ada kata takdir. Tapi, yang ada adalah rencana Tuhan. Jadi segala hal di dunia ini Tuhan telah mengaturnya tergantung masing-masing individu memilh jalan yang mana yang akan kita lewati. Apakah jalan yang tepat, atau tidak.


SARAN

Tuhan telah merencanakan sesuatu yang indah bagi kita. Tergantung kita apakah kita ingin mendapatkan sesuatu yang telah Tuhan rencanakan atau tidak. Jadi tetaplah berjalan pada jalan yang tepat maka rencana Tuhan itu akan engkau dapatkan.


(Sumber : https://www.coursehero.com)


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02wMNeYhrh2MJ39w6LXZQjtP2CjkMD9YpfU3QERibhcZiKV9VPT1TkhbGuG27FoTtfl&id=856040553&mibextid=Nif5oz

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

YESUS KRISTUS TIDAK SAMA DENGAN NABI ISA ALMASIH

Sabtu, April 15, 2023 | | | |


NABI ISA ALMASIH TIDAK SAMA DENGAN YESUS KRISTUS


ENAM PERBEDAAN ANTARA NABI ISA DENGAN YESUS KRISTUS


NABI ISA :

●1). Nabi Isa lahir dari seorang perawan Maryam tanpa menikah. Berarti tidak mempunyai suami (Maryam 20).

●2.) Nabi Isa lahir dibawah pohon korma (Maryam 23-26).

●3). Dari bayi, Nabi Isa telah melakukan mujizat yakni dapat berbicara (Maryam 30-33).

●4). Nabi Isa diangkat Allah s.w.t

naik ke surga, berarti tidak disalib (An Nisaa’ 157-158)

●5). Nabi Isa hanya seorang nabi saja (Maryam 30).

●6). Nabi Isa bukan seorang Juruselamat (Az Zukhruf 59).


YESUS KRISTUS :

●1). Yesus lahir dari Perawan Maria, dengan mempunyai seorang suami. Walaupun sampai Yesus Lahir Mereka tidak bersetubuh (Matius 1:25). Jadi Yesus murni lahir tanpa adanya hubungan biologis pria dan wanita.

●2). Yesus lahir di sebuah rumah dan dibaringkan dalam palungan (Lukas 2:12).

●3). Yesus melakukan mujizat pada umur 12 tahun. Yakni berbincang-bincang dengan Alim Ulama di Bait Allah (Lukas 2:41-52).

●4). Yesus mati di atas kayu salib. Sebagai Juruselamat (Matius 27:32-56).

●5). Yesus adalah Nabi (Matius 13:57; Lukas 7:16; Yohanes 7:40; 7;17, Guru (Matius 8:19; 19:16; 22:16; 26:18, Yohanes 1:38; 11:28; 13:13; 20:16) dan Tuhan (Yohanes 11:32; 12:13; 13:13: 13:36; 20:20; 20:28; 21:17)

●6). Yesus Merupakan Juruselamat /Mesias (Yohanes 1:41-42; 24-25; 11:27; 20:31, Lukas 2:25-32; 4:41; 24:46, Markus 8:28-30)


Intinya :

- Yesus✝️: NAIK KE SURGA, karena Ia sungguh ALLAH sungguh MANUSIA.

- Isa☪️: DIANGKAT KE SURGA, karena ia seorang manusia.


Yesus lahir di kandang domba, Isa dibawah pohon kurma.

Yesus tidak berbicara dalam kandungan, Isa berbicara dalam kandungan.

Yesus dilahirkan oleh Maria, Isa dilahirkan oleh Maryam (kakak nya Musa).

Maria tidak ada hubungannya dengan harun, Maryam adalah saudara Harun.


Yesus anak Maria suku Yehuda lahir thn 1 Masehi.  Isa anak Maryam sodara Harun dan Musa berarti suku Lewi lahir 1500 BC.


Umat kristen tidak merayakan kenaikan Isa Almasih. karena Jesus kristus bukan Isa Alamasih.


KESIMPULAN :

Dari banyak perbedaan yang ada antara Yesus dengan Nabi Isa, seperti tersebut diatas, menyimpulkan bahwa Yesus dan Nabi Isa merupakan Dua Pribadi yang berbeda.


Yesus dan Isa merupakan Dua Pribadi yang berbeda. 

Sebab:

●Yesus merupakan Sosok Ilahi yang mempunyai kuasa Ilahi yang mutlak. Sedangkan Nabi Isa hanya seorang nabi belaka. 

●Yesus adalah Anak Tuhan yang ditugaskan untuk mengampuni umat manusia.

Sedangkan Isa adalah seorang nabi yang di utus oleh Allah s.w.t. layaknya manusia biasa.


Yang mengherankan adalah baik Yesus dan Nabi Isa adalah pembawa kitab Injil. 


Yang menjadi pertanyaan adalah Injil manakah yang dibawa oleh Nabi Isa?


Kita semua tahu Yesus Kristus membawa Injil (Kabar Sukacita) kepada manusia bahwa Kerajaan Allah telah dekat. Yang artinya bahwa Tuhan telah datang kedunia membawa keselamatan bagi banyak orang. Dari keempat Injil itu (Matius, Markus, Lukas dan Yohanes) menceritakan tentang Yesus, tujuan kedatanganNya, PelayananNya dalam Dunia, Rencana Allah bagi manusia, dan tujuan Injil diberikan kepada dunia. 


Namun dalam Al-Quran, tidak dijelaskan tentang Injil. Al-Qur'an hanya mengatakan Nabi Isa membawa Kitab Injil (Almaa’idah 46). 


Injil manakah yang Allah s.w.t. berikan kepada Nabi Isa?


Seperti yang kita tahu, bahwa sejak zaman para Rasul (12 murid Yesus dan Paulus), telah banyak beredar injil-injil palsu. Oleh karena itu rasul Paulus memperingatkan umat percaya akan adanya injil palsu ini. Agar umat percaya tidak mengikuti injil lain selain yang diberitakan para Rasul Kristus. Galatia 1:6-9, “Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.”


Jikalaupun Yesus dan Isa adalah Nabi, namun mereka tetap juga berbeda. Sebab Nabi yang Isa sandang hanyalah nabi dari kalangan manusia yang tidak punya otoritas penuh dalam pelayanannya. Sedang Nabi yang Yesus sandang adalah Nabi yang besar yang memberikan contoh dan teladan yang baik kepada manusia, dan yang melakukan mujizat yang dahsyat. Tidak ada nabi yang seperti Yesus, yang mampu mengampuni dosa manusia!


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02SffeuGE2ExKqjyhyRAFpmYYHtjpdNG9wpD8tS8S9dfFqb62w7tnXCC4awWmpArTNl&id=856040553&mibextid=Nif5oz

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

7 Kata Terakhir Yesus di Kayu Salib

Sabtu, April 15, 2023 | | | |


TUJUH KATA TERAKHIR YESUS DI KAYU SALIB


1. Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. ..


Lukas 23:34 (TB)  Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." 


2. Sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus. ...


Lukas 23:43 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


3. Ibu, inilah anakmu! ...


Yohanes 19:26-27 (TB)  Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!"

Kemudian kata-Nya kepada murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. 


4. Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? ...


Matius 27:46 (TB)  Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? 


5. Aku haus! ...


Yohanes 19:28 (TB)  Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia — supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci —: "Aku haus!"


6. Sudah selesai. ...


Yohanes 19:28 (TB)  Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia — supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci —: "Aku haus!"


7. Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.


Lukas 23:46 (TB)  Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.


PENJELASAN :


Biasanya, ketujuh perkataan ini dikategorikan sebagai: Perkataan 1, 4, & 7 (pertama, tengah dan terakhir), Yesus berbicara kepada Bapa. Perkataan 2, Yesus berbicara kepada penjahat. Perkataan 3, Yesus berbicara kepada Maria, sedangkan Perkataan 5 dan 6 tidak secara spesifik ditujukan pada siapa pun.


Add 1. Perkataan Pertama

Yesus berkata: ‘Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.’ Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaianNya. (Lukas 23:34). Mereka yang menyalibkan Yesus tidak menyadari lingkup sepenuhnya dari apa yang mereka lakukan, karena mereka tidak mengakui Yesus sebagai Mesias. Meskipun ketidakpedulian mereka akan kebenaran Allah menjadikan mereka tidak pantas menerima pengampunan, doa Kristus di tengah-tengah ejekan mereka adalah ungkapan kasih yang tak terbatas dari rahmat /anugerah Allah. 


Add 2. Perkataan Kedua

“Kata Yesus kepadanya: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” (Lukas 23:43). Dalam bagian ini, Yesus meyakinkan salah satu penjahat di kayu salib bahwa ketika dia mati, dia akan bersama dengan Yesus di Sorga. Jaminan ini diberikan karena bahkan di saat menjelang kematiannya, si penjahat telah menyatakan imannya kepada Yesus, mengakui Yesus sebagai Mesias (Lukas 23:42).


Add 3. Perkataan Ketiga

Ketika Yesus melihat ibuNya dan murid yang dikasihiNya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibuNya: ‘Ibu, inilah, anakmu!’ Kemudian kataNya kepada muridNya: ‘Inilah ibumu!’ Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. (Yohanes 19: 26-27). Dalam ayat ini , sebelum kematian-Nya, Yesus sebagai Anak yang mengasihi ibu manusiawi-Nya , memastikan agar ibu-Nya itu ada yang mengurus.


Add 4. Perkataan Keempat

Matius 27:46 mengatakan “Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: ‘Eli, Eli, lama sabakhtani?’ Artinya: AllahKu, AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” Di sini , Yesus mengungkapkan perasaan-Nya ditinggalkan Allah Bapa ketika dosa dunia ditimpakan  kepada-Nya, dan karena dosa begitu najis dan menjijikkan, Allah harus "berpaling" dari Yesus. Ketika Yesus dibuat berdosa karena kita, Dia mengalami keterpisahan dari Allah Bapa untuk hanya satu kali itu saja dalam seluruh waktu keabadian/kekekalan. Ini juga merupakan pemenuhan dari pernyataan nubuat dalam  kitab Mazmur 22:2.


Add 5. Perkataan Kelima

Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia - supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci -: “Aku haus!” (Yohanes 19:28). Di sini Yesus memenuhi nubuatan Mesianik dari Mazmur 69:21: “Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.”  Dengan mengatakan Dia haus, Yesus meminta tentara Romawi untuk memberi Dia anggur asam, yang merupakan minuman yang biasa disediakan untuk si terhukum pada saat penyaliban, dengan menyatakan Dia haus, Yesus telah menggenapi nubuat ini.


Add 6. Perkataan Keenam

Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah Ia - supaya genaplah yang ada tertulis dalam Kitab Suci -: “Aku haus!” (Yohanes 19:28). Di sini Yesus memenuhi nubuatan Mesianik dari Mazmur 69:21: “Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam.”  Dengan mengatakan Dia haus, Yesus meminta tentara Romawi untuk memberi Dia anggur asam, yang merupakan minuman yang biasa disediakan untuk si terhukum pada saat penyaliban, dengan menyatakan Dia haus, Yesus telah menggenapi nubuat ini.


Add 7. Perkataan Ketujuh

Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tanganMu Kuserahkan nyawaKu.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawaNya. (Lukas 23:46). Di sini, Yesus rela menyerahkan nyawa-Nya kedalam tangan Bapa, hal ini menunjukkan bahwa Dia akan mati - dan bahwa Allah telah menerima pengorbanan-Nya. Yesus "mempersembahkan diri-Nya sebagai korban tebusan yang tak bercacat kepada Allah" (Ibrani 9:14).


Ungkapan Yesus Kristus tentang “Eli Eli lama sabakhtani ” adalah menyerukan kepahitan dan kesedihan bahkan penderitaan yang dialami Yesus karena Ia harus terpisah dari Allah Bapa karena Ia harus menanggung dosa manusia.


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid059HdXnkRUjz9dtrZJd8aMeRFs84Zoqqsg3svxyfsGynRKVGR2zNbT8xdd7nkprF6l&id=856040553&mibextid=Nif5oz

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

MINGGU PASKAH, Kebangkitan Yesus

Minggu, April 09, 2023 | | | |
Yohanes 11:25


MINGGU PASKAH... SUATU PERENUNGAN


PEKAN SUCI MELIPUTI  Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, Minggu Paskah


Yohanes 11:25 

Jawab Yesus: "Akulah¹ kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup² walaupun ia sudah mati,


25¹ Kebangkitan itu pribadi, bukan teori

25² Hidup dlm arti yang sesungguhnya


=====


RHEMA/RENUNGAN/PENJELASAN


*MINGGU PASKAH, KEBANGKITAN YESUS*


(Paskah => Passover => melewati/ melintasi kematian)


1. YESUS BANGKIT *dari kematian* oleh kekuatanNya sendiri melalui RohNya yang kudus ... cf Roma 1: 4¹


1. 4¹ Maka terjadilah pemisahan hakekat manusia lama dg yang baru.


2. Manusia lama/alamiah/orang dosa/, *ditinggalkan* dikubur.


3. Kebangkitan *memberikan hidup baru* oleh kekuatan Roh Kudus.


4. Allah mau *bekerjasama* dg kita  membangun kehidupan kita, melalui potensi yg ada pada kita   cf Roma 8:28.


⁴¹ Respons kita... marilah *kembangkan potensi baru ini*


SELAMAT PASKAH saudaraku...


(Sumber : Pdt. Hubert Lantu, M.Th.)




1 Petrus 1:3 (TB)  Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh *kebangkitan Yesus Kristus* dari antara orang mati, kepada suatu *hidup yang penuh pengharapan,*


Puji Tuhan atas kebangkitan Tuhan! 


Kebangkitan Tuhan membawa hidup yang penuh pengharapan kepada kita semua.


Mari merayakannya dengan penuh sukacitašŸ™


(Sumber : Eko Budiyono, hamba Tuhan)


Link terkait :


MINGGU SUCI... SUATU PERENUNGAN


PEKAN SUCI MELIPUTI  Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Sunyi, Minggu Paskah


●MENGAPA YESUS MATI DAN BANGKIT?

Penjelasannya ada disini :

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/mengapa-yesus-mati-dan-bangkit.html?m=1

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167949942735554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


●PERSIAPAN KEMATIAN YESUS

KAMIS PUTIH

Penjelasannya ada disini :

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/kamis-putih-persiapan-kematian-yesus.html?m=1

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167959428680554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


●KEMATIAN YESUS DISALIB

Penjelasannya ada disini :

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/kematian-yesus-di-salib.html?m=1

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167962978210554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


●SABTU SUNYI

Penjelasannya ada disini :

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/sabtu-sunyi.html?m=1

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167964750250554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


●MINGGU PASKAH, KEBANGKITAN YESUS

Penjelasannya ada disini :

http://anita-handayani.blogspot.com/2023/04/minggu-paskah-kebangkitan-yesus.html?m=1

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10167967597060554&id=856040553&mibextid=Nif5oz


#Firman Tuhan #Alkitab #Injil

Read More
Poskan Komentar ( Be the first to comment! )

Cari Blog Ini