5 Tips Membuat Website yang Menarik

Minggu, September 06, 2020 | |

5 Tips Membuat Website yang Menarik

Website sering disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara umum sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Tips Membuat Website Menarik

Sebuah website yang baik adalah website yang dapat menarik minat pengunjung dan menghasilkan banyak trafik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat website yang lebih bermanfaat, responsif, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung.

1. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Meskipun gaya yang rumit bisa menjadi lebih menarik, menggunakan font yang lebih dikenal dan mudah dibaca adalah keputusan yang lebih baik. Perlu diingat bahwa San Serif Font adalah yang paling banyak diterima untuk desain online, dan Font Serif paling tepat untuk desain cetak. Saat Anda menggunakan terlalu banyak font yang berbeda dalam desain yang sama akan membuat konten yang kurang scannable. Jangan ragu untuk menggaris-bawahi dan menebalkan kata kunci atau link untuk membuat mereka lebih menonjol dan menarik.

2. Adaptif / Responsif Desain

Di dunia sekarang ini pendekatan yang paling penting untuk website adalah desain yang responsif. Hal ini akan memungkinkan website Anda untuk terlihat dan berfungsi dengan baik pada perangkat mobile, tablet, dan berbagai jenis komputer. Pendekatan mendasarnya terbatas pada 2 versi dari situs yang sama, yaitu mobile dan desktop, sedangkan fitur adaptif yang baru ini secara otomatis bisa sesuai dengan ukuran layar dan fungsi pada perangkat apapun.



3. Gunakan Navigasi yang Intuitif

Intuitif disini berarti artinya mudah digunakan. Sebuah navigasi di dalam website biasanya berada di atas sebuah halaman. Biasanya halaman-halaman yang penting diletakkan di navigasi atas. Untuk halaman atau tautan (link) yang tidak terlalu penting, biasanya diletakkan di bagian bawah (footer). Mengapa navigasi yang intuitif sangat diperlukan? Coba Anda bayangkan sebagai pengguna sebuah website. Apabila Anda membutuhkan informasi dengan waktu yang terbatas, tentunya Anda sendiri akan kesal apabila sebuah website tidak bekerja sebagaimana seharusnya, dan navigasi yang ada di website tersebut sulit untuk digunakan. Untuk itu, navigasi yang intuitif sangat diperlukan untuk menarik minat pengunjung ke website Anda.

4. Kecepatan Situs Anda

Manajemen waktu adalah hal yang penting. Pastikan bahwa waktu load website Anda dalam waktu 4 sampai 6 detik. Kecepatan yang tepat adalah fitur yang benar-benar penting dan juga salah satu alasan utama mengapa pengunjung akan berhenti mengunjungi situs Anda. Belum lagi fakta bahwa itu sangat memengaruhi peringkat website pada mesin pencari.

Salah satu faktor yang memengaruhi kecepatan load sebuah situs adalah hosting yang digunakan. 

Kini, Anda tidak perlu khawatir memilih hosting yang tepat untuk website. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang dapat Anda gunakan karena terpercaya serta berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

5. Mulai Hindari Flash

Seperti yang kita ketahui, Adobe Flash digunakan untuk menjadi standar dalam membuat interaksi dan animasi di website. Namun itu dulu, saat ini CSS3, HTML5 dan Javascript menjadi pilihan yang lebih cerdas untuk memberikan website Anda pengalaman yang lebih dinamis. Jadi jika Anda ingin menambahkan animasi ke website, cari di Google dan pasti Anda akan menemukan plugin-plugin javascript/jquery yang bisa membantu dalam membuat fungsionalitas yang lebih untuk website Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan memposkan komentar ^.^

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...