BATCH 2 Kursus FACEBOOK PRO Master

Sabtu, Juli 13, 2024 | |

 



Bayarnya : Rp. 99648,- ke Pak Wisnu Andrianto


MODUL 1. LOGIN FACEBOOK PROFESIONAL (fb Pro)


Cara nya :
  1. Tutorialnya ada disini : https://youtu.be/7d74XYobqO4?si=X86zydsxKLyK2oyf
  2. Klik Profil : 

  3. Maka akan terbuka tampilan ini : 

  4. Klik tirik tiga  ... yang ada du bagian tengah kana. Maka akana terbuka rampilan ini 

  5. Ini saya ud klik Mode Profesional, makanya tampilannya seperti itu, yaitu tulusannya jadi 'NonKtifkan mode profesional.
  6. Dulu syarat nya sudah punya 500 - 1000 followers. Tapi sekarang 50 followers aja ud bisa aktifkan mode profesional
  7. Selesai

MODUL 2 MINDSET BENAR MAIN FB PROFESIONAL


Tugas :
2. Akun aknan dibuat untuk : Keduanya yaitu untuk Monetisasi dan Jualan

MODUL 3 SUMBER DOLLAR FACEBOOK PROFESIONAL

  1. Pada tampilan profil Anda klik Lihat Fitur (Lihat Dashboard) . Atau klik icon Grafik yang ada diatas 

  2. Maka akan terbuka tampilan ini : 

  3. Lalu scroll ke bawah klik tulisan Monetisasi 

  4. Maka akan muncul bbrp tampilan seperti ini : 






Kegunaan fitur2 tsb adalah : 

1. STARS

Stars Facebook adalah fitur saweran yang ada di Facebook 

layaknya saweran koin Tiktok.

Setiap satu star atau bintang yang kita peroleh dari penonton akan dibayarkan oleh 
Facebook atau memiliki nilai monetisasi sebesar 0,01 US Dollar.

Syaratnya adalah :
- Min punya 500 Followers 
- Dan 500 followers nya udah umur 60 hari atau 2 bulan.




2. IKLAN DI REEL

Iklan di Facebook Reels adalah iklan yang 
ditempatkan langsung di video Reels oleh Facebook. 

Pengikut kreator bisa melihat iklan ini saat menonton video reels anda.

Untuk fitur ini ngga ada syarat jelasnya. Karena ini program undangan untuk teman-teman kreator yang sudah konsisten upload konten di Reels. 

Catatan: Semakin banyak konten yang di upload semakin besar pula peluang mendapatkan undangannya yah kak. 

Jika anda sudah di nilai layak oleh Facebook, nanti anda akan dapat undangannya. Yang penting konsisten.



3. BONUS

Bonus adalah program monetisasi dari Facebook khusus undangan. 

Yang jelas terus konsisten bikin konten, jika memang layak kontennya maka anda akan dapat undangan dari Facebook.

Oiya ini yang saya bahas adalah FB Profesional ya, kalau halaman Facebook atau Fanspage bentuk monetisasi jauh lebih banyak lagi.



4. Iklan In-Stream


Iklan in-stream juga sama dengan iklan di Reels,  bedanya iklan ini akan ada di video selain reels. 

Cara kerjanya adalah Facebook akan bekerjasama dengan perusahaan lain yang mau pasang iklan di platform Facebook.

Nanti iklan akan di pasang di konten anda.

Pembagian dollarnya akan di bagi dari 2 pihak ini. Untuk Facebook sebagai pemilik platform dan 1 lagi buat anda sebagai konten kreator.


Syarat-syarat iklan in-stream :

  1. Punya 5 rb followers
  2. Mencetak 60.000 jam tayang baik di reels atau di video durasi panjang
  3. 5 bh video panjang atau di beranda yang memenuhi syarat
  4. Tinggal di negara yang memenuhi syarat
  5. Mematuhi kebijakan monetisasi Konten Facebook

Tugas :

Screenshot kan tampilan dashboard monetisasi akun anda. Fitur mana saja yang telah terbuka? Video penjelasannya ada disini : https://youtu.be/a3W5j-TZALg?si=G2MVvZsqlY8i1sF6

Jawaban Tugas, haail screenshoot fitur Monetasaai fb saya :









Klik Monetisasi 

Maka akan muncul tampilan seperti ini :




Ada Fitur Bintang, Iklan di Reels, Bonus, Iklan in-stream

Klik Bintang, ini fitur bintang sudah terbuka buat saya

Syaratnya adalah :
- Min punya 500 Followers 
- Dan 500 followers nya udah umur 60 hari atau 2 bulan.



Klik Iklan di Reels
Maka akan muncul tampilan berikut :



Klik Bonus mKa akan muncul tampilan berikut :


Klik Iklan In-Stream maka akan muncul tampilan berikut :





MODUL 4 SETTING PROFIL FACEBOOK MODE PROFESIONAL

Oleh Richa Alfiyani


"xxxx mengirim permintaan pertemanan …"

Pernah mendapat notifikasi macam ini?

Pernah, ya. Lantas apa yang Anda lakukan?

Jawab :
Kalau saya, biasanya yang dilihat pertama kali itu adalah nama akunnya. 
Lanjut photo profil. 
Setelah dirasa orang tersebut sekiranya bisa dijadikan 'teman' barulah saya lanjut lagi buat buka-buka profilnya. 
Apa aja isi postingan-postingannya. 
Lihat apakah mereka masuk kategori target market saya atau tidak.

Nah, dari sana barulah saya bisa memutuskan apakah akan mengkonfirmasi permintaan pertemanan tersebut atau 
tidak.

Anda, juga seperti itu, bukan?


Terlepas dari semua itu, suka tidak suka, kita 
sepakat bahwa ….
Nama dan penampilan profil menjadi 
kesan awal kita dengan teman-teman di 
Facebook.

Oleh karenanya,

Gunakanlah Nama Asli Anda sebagai nama 
akun Anda di Facebook. 

Anggap nama akun Anda ini adalah cerminan diri Anda yang sesungguhnya.

"Lalu, apakah boleh kita menggunakan nama brand sebagai nama akun kita, Kak? Karena kebetulan saya adalah salah seorang dari reseller di brand xxx."
Boleh. 
Tapi itu jika Anda ingin permintaan pertemanan Anda itu tidak diterima, ya.

Karena pada dasarnya orang 
itu enggak suka kalau dijuali. 

Dengan menjadikan nama brand sebagai nama akun, orang akan berpikiran, "Ah, 
jangan-jangan nanti dijuali!"

Nah, enggak mau itu terjadi, 'kan?


Maka sama halnya ketika Anda menggunakan nama alay seperti halnya "Nenk Chyank, Rindue Kamoe, dll" sebagai nama akun.

Duh, lihat namanya aja udah geli.

Sekali lagi gunakan nama asli, ya. 
Iya, nama asli.

1. Selanjutnya buat Anda yang udah terlanjur menggunakan nama brand atau nama yang belum sesuai, maka Anda pun bisa mengeditnya di bagian pengaturan (icon yg bergambar roda bergerigi), ya.

2. Lanjut pilih "Detail Pribadi"

3. Pilih Akun

4. Pilih "Nama"
5. Lalu Edit Nama
Pikirkan baik-baik untuk nama ini, ya. Karena selanjutnya Anda hanya akan bisa mengubahnya setelah 60 hari.





Selesai untuk Nama. Sekarang kita
lanjut untuk Photo Profil dan
Sampul.

Tidak jauh berbeda dengan Nama. 

Untuk photo profil ini juga baiknya
gunakan foto diri Anda sendiri. 
Gunakan foto terbaik dan menghadap
depan. 

Jika Anda merasa tidak nyaman
karena menggunakan foto pribadi
maka bisa juga menggunakan Foto
avatar, ya. Atau foto kartun yang 
menggambarkan kepribadian atau jati diri


Di bagian belakang profil ada sampul
atau cover. Menggambarkan
identitas diri. Untuk ini Anda bisa
menggunakan brand, quote atau juga
keduanya. 

Anda bisa mengeditnya di aplikasi
edit gambar (Saya biasa
menggunakan Canva) dengan ukuran
2240 x 1260 piks (atau setara
dengan ukuran canvas buat edit 
desain Banner Blog).

Untuk edit photo profil maupun
sampul, silakan Anda bisa masuk di 
bagian profil, ya. Seperti pada gambar diatas.

2. Klik "Titik Tiga"
3. Pilih "Edit"
Sampai di sini Anda tinggal 
tentukan gambar mana yang 
ingin dijadikan profil ataupun 
sampul.






Edit Profil, belum lengkap jika kita 
belum edit Bio. Yaitu penjelasan 
singkat tentang siapa Anda. Juga 
tentang Detail. Tentang 
pekerjaan, alumni, dll. 

Untuk ini Anda bisa menampilkan mana yang ingin ditampilkan dan mana yang 
tidak.






Selesai dengan Setting Profil, saatnya lanjut 
untuk setting PRIVASI. Tidak sedikit yang melupakan ini. Konten dan sebagainya udah bagus, namun karena lupa buat setting yang satu ini, akhirnya hasil enggak maksimal.


Silakan masuk ke bagian Pengaturan dan Privasi

Scroll ke bawah lalu berhenti di bagian Pemirsa dan Visibilitas. Klik satu persatu yang saya beri kotak seperti pada gambar ini.















Sorotan = Unggulan, bisa diisi foto dagangan kita di facebook shg menaikan Visibilitas (pemajangan produk dagangan). Dan bisa dimanfaatkan sbg light magnet (daya tarik).

Tambahkan tautan Medsos ataur jadi Publik seperti ini :



Tambahkan alamat Website atau Blog

Tampilannya nanti seperti ini :









Izinkan secara Publik orang lain membagikan Reel kita ke cerita mereka. 
Reel kita bisa dilihat secara Publik.


Sehingga nantgi halaman profil facebook kita menjadi bersih

sebelum ditampilkan di halam facebook kta penandaan dari orang lain, akan diberitahukan ke kita dulu, jadi tidak bisa ujug2 ada tampilan postingan orang lain di halaman facebook kita. jadi halaman facebook kiota menjadi lebih bersih karena kita saja yg bisa meneglola tampilan beranda facebook kita.

Seleasai buat Seeting Preofil dan Privacy

Tutorialnya ada disini : 
Paham, ya?

Sekali lagi, secara garis besar yang perlu kita edit di sini adalah:
1. Setting Profil dan Sampul
2. Edit Bio dan Detail
3. Edit privasi meliputi siapa yang bisa 
mengirimkan permintaan pertemanan, setting postingan, pengikut dan konten publik.



Sekarang tugas Anda untuk mengedit profil, 
sampul, bio, dan juga privasi. Screenshot dan kirim hasilnya ke grup yang sudah disediakan, ya. Selamat praktik!


Materi ke-4 ini bisa dibilang adalah gerbangnya.

Mau sebagus apapun konten dan editingnya, sekenceng apapunh interaksinya jika dalam setting akun ini kurang tepat, maka jatuhnya sama aja. Karena orang enggak bisa melihat, berkomentar apalagi menfollow kita.

Nah, jika melihat aja enggak bisa, gimana mereka mau memberi komentar?

Jika berkomentar aja enggak bisa, lalu gimana naikin jangkauan atau interaksi konten kita berikutnya?

Ibarat kita yang maunya dapat rezeki, tetapi pintu rumah ditutup terus.

"Ah, jangan-jangan enggak ada orangnya."

Kurang lebih begitulah anggapan orang yang niat awalnya mau datang ke rumah, mengantar titipan rezeki ke kita. Tapi, apa daya, orang nya enggak di rumah, bener, enggak?

Ya sudahlah.... 

Begitu ya...
Jadi boleh simak baik2. Baik modul maupun tutorialnya. Dan yang terpenting, jangan lupa dipraktekan ya....



Untuk manambah informasi biar lebih lengkap saya sertakan sumber resmi terkait modul yang kita bahas :


1. Kebijaksanaan Monetisasi Mitra :


2. Kebijaksanaan Monetisasi Konten :


3. Panduan Pembuatan Konten :


4. Bisakah pakai musik dalam FB monetisasi?



Tautan Profil Facebook saya ada disini : 


MODUL 5. CARA MEMPERSIAP AKUN PEMBAYARAN


Link tutorial Cara Bikin Akun Pembayaran di Facebook Pro ada disini :

Cara Mempersiapkan Akun Pembayaran :

Oleh Akbar Wibisono


Kali ini Kita akan belajar cara membuat akun gajian dari Facebook monetisasi. 

Sebelumnya saya jelaskan dulu, penarikan
dollar dari hasil Monet ini hanya bisa di lakukan lewat dua cara, 
yakni dengan :
akun pembayaran rekening bank dan akun paypal.

Untuk pencairan lewat rekening bisa di lakukan jika sudah
mencapai angka $100 atau kurang lebih 1,5 juta rupiah. 

Jikapakai Paypal harus mencapai angka $25 atu sekitar 375 ribu rupiah. Dan biasanya akan di cairkan di Minggu ketiga tiap bulan.
Artinya jika belum sampai $100 atau $25 maka tidak bisa di tarik. Oleh karenanya saran saya tak perlu bikin akun
pembayaran dulu, nanti bikin setelah genap saja. 

Sebab jika sudah sekali bikin akun pembayaran harus di selesaikan
prosesnya. Jangan setengah-setengah karena khawatir nya nanti
ada masalah saat anda akan melakukan penarikan. 

Tapi kalau mau bikin sekarang juga gak masalah


Oke... Buat yang mau bikin akun
pembayaran sekarang langsung simak saja
caranya ya :

1. Silahkan masuk ke dasbor
profesional. Scroolling ke bawah lalu
klik bagian Monetisasi.
Jika tidak ketemu masuk ke menu profil, 
lihat fitur, Scroolling ke bawah dan klik monetisasi

2. Klik SIAPKAN. 
Perlu anda tau bahwa fitur stars ini
adalah fitur Monetisasi paling awal
dan mudah dari Facebook, karena
syarat nya hanya perlu punya 500 
Followers dan 500 followers 
tersebut sudah umur 60 hari atau 2 
bulan.



3. Klik SIAPKAN AKUN 
 PEMBAYARAN

4. Isi nama lengkap, tanggal
 lahir dan negara sesuai 
 identitas asli KTP lalu klik 
 SELANJUTNYA.


5. Pilih PERORANGAN atau
 PEMILIK TUNGGAL

6. Isi biodata lengkap lalu
 klik selanjutnya.



7. Lengkapi semua data dan Tin
 ini di isi dengan nomor NPWP 
 atau NIK KTP.

8. Nomor GST kosongi. Klik
 check list atau centang
 lalu klik selanjutnya.


9. Klik tautkan rekening
 manual.

Sedikit catatan, paypal adalah salah
satu metode pembayaran elektronik
yang bisa di pakai di seluruh dunia. 
Jika anda tak punya akun paypal
maka pakai rekeing bank saja.

10. Swift code isi sesuai nama Swift 
 kode bank. 

Account number = nomor rekening. 
Jika sudah Klik tautkan metode pembayaran.



11. Langkah terakhir verifikasi
 keasliannya akun klik lanjutkan
 sebagai “Kaka” (nama akun anda, 
 kalau ini nama akun Facebook saya) 
 Jika di suruh login masukkan sandi
 dan email saat mau login.

12. Klik no dan no lalu klik
 next.



13. Ketik nama lengkap dan negara
 lalu next.

14. Klik Next



15. Alamat silahkan di cek
lagi, jika ada kesalahan
silahkan di edit lalu next.

16. Pilih 0% lalu next



17. Ketik nama lengkap lagi. Tanggal
 pengisian sudah otomatis ya. Klik
 next.

Sabar ya, aku tau kok kamu capek. Ini
tinggal dikit lagi kok. Hehe…

18. Terakhir sahkan di cek lagi. Jika sudah sesuai Klik submit


19. Cek liat dan Done

Akhirnya selesai juga setelah sekian purnama. 
Hehe....  Sekarang tugas anda adalah :
Silahkan buat akun pembayaran
(hanya yang mau bikin sekarang
saja, yang mau nunggu setelah
dapat $100 juga boleh).


Klik tanda grafik yang ada diatas / Mlik Monetisasi / Bantuan dan Panduan 

Lalu terbuka tampulan ini 

Ketikkan id pajak, maka akan muncul tampilan berikut 


Klik tisan ID Pajak, sceoll.me bawah maka akan ada penjelasan spt ini 

Kita bisa daftar pakai  nomor SIM atau nomor KTP
Gunanya untuk verifikasi data diri kita


Kembali ke Menu atelah klik Monetisasi / klik bintang 

Maka akan muncul tampilan ini :


CARA CEK VERIFIKASI AKUN PEMBAYARAN YANG BENAR 

  1. Masuk ke Dashboard Prpfessional lalu scrolling ke bawah
  2. Klik Pembayarab
  3. Klik.icon gerigi yang ada dipohok atas kanan
  4. Jika sudah ada tulisan VERIFIED WARNA HUJAU berarti sudah benar. Ini contohnya 

Tanya : 
Angka2 tsb artinya apa ya kak? Kalau jumlah Viewer lihat nya dimana?
Jawab : 
Itu orang yang mengikuti akun mbak 

Untuk viewer adalah orang yang melihat video yang mbak upload.

Lihatnya di konten videonya atau di dashboard profesional

Tanya :
Kak itu knp GK bisa diubah ke FB profesional yh
Jawab : 
Akun nya bisa jadi belum ada aktivitas ngonten atau belum punya cukup follower

Jika ada pemberitahuan kalau musiknya kena klaim hak cipta, itu SEBENARNYA bukan pelanggaran. 

Artinya jika suatu saat di Monet maka dollarnya akan di bagi 2
Mau di lanjutkan boleh mau di hapus ya gak papa.

Tapi biasanya nanti kalau kena klaim hak cipta maka suara akan di bisukan

Kalau konten gak ada suaranya biasanya jangkauan akan turun. Karena pasti langsung di skip.

Konten template Capcut nya kenapa gak di share di akun Tiktok nya aja Bu? Kenapa malah di Facebook?

[11/6 11:57] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Jadi gini Bu...
[11/6 11:58] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Secara fungsi saja Facebook dan Capcut itu sudah beda
[11/6 11:58] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Capcut adalah aplikasi editing video
[11/6 11:58] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bukan tempat saling interaksi
[11/6 11:58] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Sedangkan Facebook adalah media sosial
[11/6 11:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Namanya media sosial ya tentu tempatnya orang saling berhubungan sosial
[11/6 11:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Saling komen , like dan membagikan status
[11/6 12:00] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Nah, jika dari Fungsi saja sudah beda maka dari segi pembuatan konten juga pasti beda
[11/6 12:01] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Capcut cara Monet nya itu bikin template, mau foto atau video.

Sedangkan Facebook cara monetinya harus bisa bikin video sesuai format yang sudah di tentukan dari Facebook
[11/6 12:02] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Jadi jika konten Capcut di posting di FB pro maka kebanyakan akan gagal Monet ❌
[11/6 12:02] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kenapa? Karena format konten di Capcut beda dengan format konten yang di inginkan Facebook
[11/6 12:03] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Begitu juga sebaliknya, konten Facebook langsung di posting di Capcut ya kemungkinan besarnya gagal jadi tamplate pro atau gak ada yang ekspor
[11/6 12:04] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kenapa? Ya karena format nya beda
[11/6 12:06] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Terus gimana solusinya???
[11/6 12:07] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kalau saya jadi Bu nita
[11/6 12:07] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Semua konten Capcut yang udah saya posting di FB saya hapus lalu saya gaknti konten Tutorial cara bikin tamplate capcut
[11/6 12:08] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Yang template Capcut nya posting di Tiktok saja jangan di Facebook
[11/6 12:08] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Gitu ya

[11/6 12:09] Anita Handayani [CM]: Bikin konten di facebook pakai aplikasi apa? Dan bagaimana caranya?
[11/6 12:09] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ya Pakai Capcut bu

[11/6 12:09] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bu Anita mau fokus ngonten tema apa di Facebook?
[11/6 12:11] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: ingat ya gak bisa di campur2 Bu temanya πŸ˜…

[11/6 12:16] +62 815-7817-5080: Untuk di Facebook sebelumnya bisa tentukan juga, video mau dipost di Reels atau beranda?

Kalau untuk Reels untuk Rasio dama dengan saat kita bikin video untuk story atau ukuran seluler bisa 9:16

Untuk beranda bisa 1:1 atau juga 16:9

Tapi umumnya karena enggak mau ribet, biasanya saya jadikan satu semua. Yaitu 9:16.

Yang penting layar tertutup penuh dengan video dan nggak ada bagian yang menghitam.

Dulu, awal gabung juga saya banyak pakai re-upload. View rata-rata udah puluhan ribu.

Akhirnya mau enggak mau, meski berat tetep aja saya hapus semua konten tersebut.
[11/6 12:18] +62 815-7817-5080: Ukuran 9:16 jika di post di beranda memang kepotong. Kecuali jika kita membuka video tersebut maka akan penuh layar.
[11/6 12:19] +62 815-7817-5080: Untuk ini, saya rasa Ibund udah paham gimana solusinya. Secara Ibund aktif juga di Capcut. Jadi soal editing enggak perlu ditanyakan lagi.😁
[11/6 12:19] +62 815-7817-5080: Kalau gitu untuk yang di beranda bisa gunakan 1:1 atau 16:9 (ukuran yt)

Untuk reels tetep 9:16
[11/6 12:21] +62 815-7817-5080: Sama aja aplikasinya kalau untuk editing.

Tinggal menyesuaikan aja sesuai kebutuhan.

Untuk itu, bisa kenali terlebih dahulu untuk apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Fb

Jika mau agar tulisan misalnya Idul Adha itu tampak penuh?
Caranya :
Jika iya, solusinya bisa edit kembali untuk video mentahannya.
Jangan pakai template. Tapi edit manual. Tinggal atur di bagian posisinya. 
Soal editing kita jangan bahas di sini, ya.eBoo Beda fokusnya. Juga biar nggak makin panjang pembahasannya.

Jika ada iklan asal nempel aja di facebook kita maka hapus saja ya

Data yang ada di kotak masuk dukungan, bisa dihapus

Jika sdh ada tulisan insight berarti reel nya sdh fbpro 

Khusus yang buatan AI, Aktifkan keterangan 'Buat Dengan AI' sebelum dibposting
Ini konten dengan gambar AI, jadi harus aktif kan label AI nya

Dan ini konten dengan gambar asli ambil dari google. Tak perlu aktifkan label AI nya : 


Tanya :
Apakah wajib label AI di aktifkan?
Jawab :
Ya, Jika konten nya di buat dengan AI

Jika kontennya di buat dengan AI dan kita sengaja menonaktifkan label AI maka kita bisa kena penalti (hukuman)


Tanya :
Kak itu maksudnya gimana kok ada kadaluarsa nya 
Jawab : Akun pembayaran belum selesai di buat? Jadi selesaikan dulu pembuatan akun pembayarannya


Ini contoh notif yang dapat 100 bintang

Tanya :
VOD itu singkatan apa?
Jawab :
[14/6 13:50] +62 878-5198-0390: Video on demand
Tanya :
[14/6 14:54] Anita Handayani [CM]: Yg demand siapa?
Jawab :
[14/6 16:18] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Sederhananya gini bu
[14/6 16:18] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ada 2 bentuk video di FB yang bisa di monetisasi
[14/6 16:18] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: 1. Reels video dengan durasi maksimal 90 detik
[14/6 16:19] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: 2. Video durasi panjang atau yang sering di sebut temen-temen kreator di FB itu dengan nama VOD
[14/6 16:19] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ini gak ada batasan durasi
[14/6 16:19] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bisa berjam²
[14/6 16:21] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kalau di tanya permintaan siapa yang demand ya tentunya permintaan penonton/pengguna Facebook
[14/6 16:22] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Karena video on demand sendiri itu adalah sistem distribusi media yang memungkinkan pengguna menonton konten video sesuai keinginan mereka, tanpa kendala seperti jadwal penyiaran.
[14/6 16:22] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Mereka di sini maksudnya adalah pengguna FB yang sering nonton video di fb

Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO tanya: Bu Anita kalau posting video di FB emang lewat mana?
Coba ss kan
Jawab :
saya posting video lewat icon reel, spt gambar diatas πŸ‘†

Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Nah itu tulisannya reels.

Jika posting dari situ (dari Reel)  durasi video nya 2 menit maka akan ke potong jadi 1.5 menit karena maksimal durasi video reels 90 detik. Misalnya kita punya video 2 menit.

Kalau mau bisa full posting di *apa yang anda pikirkan*?

Posting di sini masuknya VOD (Video On Demand)

Tanya :
ss kan dong kak, dimana sebaiknya posting video 2 menit biar gak kepotong jadi 1,5 menit
Jawab :

Disitu loh buk upload video nya πŸ‘†

Tanya
Jadi VOD itu cukup posting di Beranda?
Jawab :
Kalau di akun FB pro iya.
Meskipun durasi video cuma 30 detik kalau posting di beranda tetep kehitung VOD (Video On Demand)


TUGAS 6. CEK KESEHATAN AKUN

Tutorial bisa dilihat disini : 

Pdf tutorial yang ada di Telegram : 


TUGAS 7a. KENALI ARURAN MAIN FACEBOOK PROFESIONAL (Jenis Pelanggaran dan Cara2 mengatasinya 

Pdf di Telegram : https://t.me/c/2075383249/53

Tutorial di Toutube bisa dilihat disini :


TUGAS 7b. CARA MENGHAPUS KONTEN TAHUN2  LAMA

Pdf tutorialmya ada di Telegram : 

Youtube tutorialnya : https://youtu.be/SsEuGz1DJmg?si=zdAn8TOPhxt7BlmB

TUGAS 7c. CARA ATASI KONTEN KENA PERINGATAN KLAIM HAK CIPTA

Pdf tutotialnya di Telegram ada disini :

Yotubenya : 


Gak terasa udah sampai modul ke 7 
bagian ketiga aja nih 😁
Kali ini kita akan bahas soal musik
Tadinya saya ingin membahas cara agar 
konten video kita bisa di monetisasi
meskipun pakai musik. Yakni dengan
memakai musik berlisensi Facebook.

Ud dihapus2 in, tinggal 3 nih yg gak bisa dihapus

MODUL 8. PENJELASAN DAN CARA MENENTUKAN NICHE KONTEN


Tutorial di Telegram : 

Tutorial di Youtube :

Niche konten adalah topik bahasan khusus dalam sebuah akun. Baik itu
akun Chanel YouTube, Instagram, Tiktok dan juga Facebook.


Dengan membuat topik atau Niche konten yang menarik akan
membantu akun kita semakin banyak di kunjungi. Berikut adalah
manfaat yang akan didapat dalam sebuah Niche konten

Kebanyakan pemula yang baru terjun dalam dunia konten kreator sering
mengabaikan hal ini. Kesalahan yang sering mereka lakukan adalah ngasal
dalam pembuatan konten, "Wes pokoke aku konsisten bikin konten."
Walhasil konten yang di buat pun biasanya random alias campur apa aja
di jadiin bahan ngonten.
Lagi masak di rekam...
Nganter sekolah di rekam...
Kerja menjahit di rumah di rekam...
Main sama anak di rekam...
Karaokepun di rekam..

Akibatnya follower yang datang juga campur-
campur. Misalnya Ada yang jadi follower anda
karena suka konten masak, konten karaoke 
dst. Efek buruknya jumlah views dan
jangkauan konten jadi tak stabil. Kadang naik, 
kadang turun, kalau udah turun gak naik-naik .
Karena yang jadi follower suka konten masak
anda namun tidak suka dengan konten karaoke 
anda.
Jadi pas lewat di beranda langsung di skip. 
Udah si penonton gak suka kontennya di 
tambah lagi suara anda yang fals. #duh
Begitulah kira-kira gambaran pentingnya
menentukan Niche konten.

Niche konten yang bisa anda pilih di antaranya :
1. Kuliner
2. Tekhnologi
3. Perjalanan wisata
4. Otomotif
5. Parenting Islam
6. Kesehatan
7. Edukasi pendidikan sekolah
8. Game Online ✔
9. Kecantikan
10. Edukasi bisnis
11. Arsitektur dll

Nah sekarang tugas anda adalah :
1. Tentukan Niche konten akun Anda dengan mengisi
formulir tugas di bawah ini :
 Nama akun FB : Anita Handayani Nini Nita
 Whole Niche : Game Online
 Micro Niche : Game TibiMe
 Produk yang di jual (kosongi jika tidak ada atau anda bukanlah seorang penjual online) : Jualan box arsip
 Target audiens  : Pria dan Wanita
 Minat anda : Membuat tutorial quest game online TibiaaMe


MODUL 9. KENALI CARA FB MENDISTRIBUSIKAN KONTEN (= ALGORITMA FACEBOOK)

Tutorial di Telegram : 

"Kak, gimana cara supaya postingan kita banyak yang like, komen, juga
banyak yang nonton gitu ya, Kak?"
"Kak, saya tiap hari udah posting. Tapi kok masih segitu-gitu aja ya, Kak?"
Kurang lebih seperti itulah ya, pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul.
Yang mana jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut itu sebetulnya
cuma satu. Ialah pentingnya kita memahami Algoritma FB itu sendiri.
Pentingnya kita mengetahui bagaimana FB ini mendistribusikan konten-
konten yang diupload tiap hari.

Tugas Anda sekarang adalah coba jawab pertanyaan-
pertanyaan berikut:

1.Niche apa yang Anda garap saat ini? Quest Game TibiaMe

Dari mana
Anda mendapatkan atau mengumpulkan
pertemanan selama ini? Dari Pria atau Wanita yang bermain Game TibiaMe

2.Berapa kali sehari dan pada jam berapa aja Anda
posting tiap harinya? Jam 16.00 - 20.000

3.Berapa jumlah rata-rata akun yang Anda beri komentar tiap harinya? Jarang sekali

FB ini melihat, apakah konten kita itu mengarah ke platform lain
atau tidak. Jadi hati-hati ya buat yang suka menyematkan link di kontennya di facebook (musalnya link WeSing, Instagram, Yourube, Tiktok dll)


MODULN10. MENGISI PERTEMANAN FACEBOOK DAN HAPUS TEMAN TUDAK TERTARGET


Tutorial di Telegram : 

Tutorial di Youtube : 

Kemudian soal pertemanan Sering, ya, kita
melihat sebuah kasus. Di mana teman sudah
banyak bahkan mentok sampai 5000 tapi
postingan masih sepi komentar.

Nah, barang kali salah satu penyebabnya itu
adalah ini. Teman-teman yang ada di daftar
friendlist kita bukan termasuk kategori target 
pasar kita. Sehingga apa pun yang kita posting, 
seolah mereka itu enggak tertarik.

Lalu baiknya bagaimana?

Ya, baiknya sesuaikan antara siapa yang menjadi
friendlist Anda dengan niche yang sedang Anda saat ini



Semula ada 3.283 teman. sabtu, 15 Juni 2024

Ada 201 teman yang interaksinya paling sedikit, saya hapus semua pertemanannya

Teman2 yg gak ada fotonprofilnya juga saya hapusin semua.
Tersisa 3.017 teman
Saya add group yg sesuai dg Niche saya, yaitu Game Online TibiaMe


MODUL 11. BIKIN STATUS DAN INTERAKSI


Tutorial di Telegram : 

Tutorial di Youtube :


Klik Dashboard Profesional / maka akan kelihatan data Insight kita 

Ini data Insight mentor saya

Kita fokus ke jangkauan dan interaksi.
Perlu diketahui bahwa jangkauan dan Interaksi
ini hitungannya bukan saja dari konten Reel ya. 
Tapi dari konten secara keseluruhan. Baik itu
konten foto, atau juga tulisan.
Artinya apa?
Artinya bahwa selain dari konten video yang 
diunggah di reels, postingan-postingan kita di 
beranda termasuk interaksi-interaksi di 
dalamnya ini juga menjadi penilaian tersendiri lho.

Sayang sekali, meski sadar akan hal ini, ternyata
tidak sedikit di antara kita yang belum memahami.
Banyak yang masih berargumen ….
Asal posting.
Yang penting posting.
Yang penting setor tugas!
Beres!
Eits, enggak gitu juga kali. Posting sih sering. Tapi
jika jangkauan bahkan respon postingannya itu
sepi, buat apa? Bener, nggak?
"Lantas bagaimana agar postingan kita itu rame koment dan suka bikin kangen ?

1. Postinglah sesuatu yang relevan dengan kehidupan
sehari-hari friendlist
2. Cari pembahasan yang sifatnya umum. Jadi bisa
dipraktikkan oleh semua golongan (Friendlist)
3. Gunakan gaya bahasa yang sederhana, mudah
dipahami dan interaktif (bisa berupa pertanyaan,
tebak-tebakkan, dll)
4. Bikin sesuatu yang ketika Friendlist membaca
mereka seolah 'kan berkata, "Ah, saya banget, nih."
Friendlist merasa bahwa tulisan tersebut seolah
mewakili dirinya.
5. Selipkan emosi. Jadi tidak datar.


Catatan penting!
Dalam memberi komentar, 
berkomentarlah sesuai dengan isi konten. 
Hindari komentar dengan kata-kata yang 
sama karena ini bisa dianggap spam. 
Berikan komentar setidaknya empat kata. 
Lebih panjang lebih bagus.
O iya, satu lagi yang enggak kalah
penting. Yaitu hindari berkomentar
dengan sticker, ya 



Status, Sabtu 15 Juni 2024 :

Siapa nih yang pengen lihat saya buat Video Quest Antidote (npc Vaccinar di Aurea) yang bisa dapetin 230k Exp? 
Wow... banyak lho Exp yang didapetin bisa bikin kita cepat up level...
Ayo... kasih jawaban di kotak komen ya....
#GameTibiaMe


MODUL 12. IDE DAN MODEL KONTEN


Tutorial ada di Telegram : 

Tutorial di Youtube : -

Cara memunculkan idr dan model konten adalah dg me ATM (Ambil Tiru Modifikasi) konten2 dari para kompetitor, untuknkemudian kita modifikasi dg versi sendiri. Bukan dg ngejiplak plek lho.

Tambahkan yang perlu ditambahkan dan kurangi yang perlu dikurangi menurut pendapat kita sendiri.



Masing-masing orang memiliki ciri khas masing-masing. Kita tidak bisa 
memastikan konten model (a) yang rame jika diposting oleh si A maka 
akan rame juga jika diposting oleh si B. 

Tapi di sini, tidak ada salahnya jika kita mencoba sebelum menemukan 
model konten yang benar-benar pas dengan kepribadian kita.

'Pas' dari sisi niche yang diambil.
'Pas' dari sisi aktifitas (kesibukan) kita sehari-hari.
'Pas' dari sisi kreativitas.
'Pas' dari sisi emosi.

Inti dari kesemuanya yang paling penting adalah KONSISTENSI. 
Sepakat?
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum dan saat bikin 
konten.
Pertama, sudah menentukan niche
Apa itu niche?
Bagaimana cara menentukannya?
Semua sudah dibahas di materi sebelumnya, ya. Jika belum jelas, 
boleh dibuka kembali materinya.

Kedua, bikin konten sesuai niche
Mereka yang mengikuti kita, perlahan akan hapal dengan 
kebiasaan kita. Termasuk jam-jam di mana kita memposting 
konten dengan tema-tema yang sudah biasa kita bawakan setiap 
hatinya.
Maka, secara tidak langsung ini 
juga akan membantu kita dalam menguatkan branding.
Ketiga, Konsisten 
Iyes, lagi-lagi konsisten. Oleh karenanya di sini saya berani 
mengatakan, 
"Bukan seberapa bagus editingnya. Tapi seberapa besar kita menjaga konsistensinya".

Pertanyaannya sekarang ….
"Gimana supaya bisa tetap konsisten? Sementara tak jarang pula
kita terkendala dengan ide."
Untuk ide, banyak yang bisa dijadikan inspirasi ide. Bisa dari sumber lain
seperti halnya Youtube, IG, TikTok atau bahkan kompetitor lain.

Kita cari kreator lain dengan niche serupa. Mereka bahas apa, lalu dari
sana kita ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) . Kita olah berdasar versi
sendiri.

Bisa juga untuk ide, kita mendapatkannya dari pertanyaan-pertanyaan.
Baik pertanyaan di media pesan (contoh; WhatsApp) atau juga pertanyaan di kolom komentar

Sekarang lanjut dengan model-model konten yang InsyaAllah ini 
juga bisa dijadikan inspirasi.

1. Konten Model Shoot Langsung

Seperti namanya. Dalam proses pembuatan videonya kita shoot 
atau rekam langsung dari kamera. Untuk kemudian hasil shoot ini 
kita edit kembali menggunakan aplikasi edit video. Contoh; Capcut.
Umumnya digunakan buat konten yang mengambil tema 'A Day in 
My Life, Masakan' atau bisa juga 'Motivasi atau Edukasi'
Untuk 'a day in my life' ini lebih komplek, ya. Karena si kreator 
shoot secara keseluruhan tentang aktifitasnya sehari-hari.

Sedikit catatan buat yang mengambil tema masakan, ya. Meski yang 
di shoot adalah masakannya, tapi usahakan ada sedikit bagian 
tertentu dari diri kita yang juga dimunculkan di sana.
Untuk edukasi atau motivasi umumnya ini si kreator yang akan menjadi 
fokusnya. Mereka berbicara fokus di depan kamera menyampaikan pesan dan isi kontennya.


2. Konten Podcast

 Adalah konten tentang bincang-bincang antara dua orang atau lebih.

3. Konten Overlay 

Adalah dua video yang sedang berjalan dan 
dikumpulkan dalam satu frame.
Ini, kita bisa mengeditnya menggunakan 
bantuan aplikasi edit video ya. Seperti halnya 
Capcut.
Konten terdiri dari dua video. Yaitu video tembok 
dan rekam layar yang diletakkan di satu frame.
O iya, pada contoh nampak begini, ini karena 
saya cuma screen shot bagian tertentunya aja, 
ya. Jadi bukan berarti kita boleh posting video 
kayak gini aja. Tetep harus ada suara atau 
bagian tertentu dari diri kita yang dimunculkan di 
kamera.




4. Konten Green Screen

Efek Green Screen atau Layar Hijau yang 
menjadi backgroundnya. Di sini kita bisa 
mengganti background tersebut 
menggunakan background-background 
yang sudah disediakan Facebook atau juga 
background foto atau video dari stok di 
Galery kita.
O iya, untuk ini teman-teman sudah tahu 
cara membuatnya, bukan?
Pertama, kita klik kolom buat Reels lalu klik 
menu 'Layar Hijau.

Lanjut, di sana kita bisa menentukan 
foto yang ingin dijadikan background. 
Bisa dari pemandangan yang disediakan 
FB atau juga dari foto dan video yang di 
galery.
Itulah beberapa model konten yang bisa 
dijadikan inspiras

Sedikit saja masukan dalam 
menentukan model konten. 
Yaitu pilihlah model konten yang Anda 
'sreg', yang Anda merasa nyaman saat 
membuatnya. Yang Anda merasa, 
aktifitas ini tidak akan mengganggu 
aktifitas Anda lainnya.
Pilih konten dengan pokok bahasan yang 
Anda suka. Sehingga ke depannya Anda 
tidak merasa terbebani olehnya.
Nah, setelah menyimak materi ini, 
gimana, sudah menemukan model 
konten yang ingin Anda tekuni?





Ternyata yang kasih komentar banyak, ini link nya : https://www.facebook.com/share/p/em6pLs2aAMYUpaKb/?mibextid=oFDknk








Status yang ada di halaman aku sendiri malah gak ada yg jawab : 



[18/6 10:10] Anita Handayani [CM]: Meta itu artinya apa sih kak?

[18/6 10:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Meta itu nama perusahaannya Bu 

Brand merk aplikasi nya ada Facebook , WhatsApp dan Instagram.

[18/6 10:28] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Contoh PT Indofood itu brand merk makanannnya ada sarimi, popmie, supermi dll

Cara posting reels dari sini : πŸ‘‡


Lalu ini bu πŸ‘‡ 
Jika upload reel dari tanda + ini maka video panjang kita akan dipotong oleh facebook πŸ€ͺ
Reel itu durasi ya terbatas
Iya karena durasi Reels maksimal 90 detik
Tapi memang kalau mau buat Reels maka uploadnya dari sini
Kalau yang upload satu lagi, namanya VOD, makanya bisa panjang video yang kita upload


Ini adalah fitur bintang yang baru kebukaπŸ‘†

[18/6 21:35] Anita Handayani [CM]: Bintang itu dapatnya dari mana? Dan bagaimana cara dapatnya?
[18/6 21:36] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Pernah nonton live tiktok terus ada yang ngasih koin tiktok Bu?
[18/6 21:39] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bintang itu kaya orang nyawer.
[18/6 21:39] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: 1 bintang nilainya 0.01 dollar
[18/6 21:39] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kira² cuma 150 perak
[18/6 21:39] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Jangan ngarepin bintang
[18/6 21:39] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Incar yang monet instream dan iklan reels
[18/6 21:40] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Caranya?
[18/6 21:40] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Konsisten bikin konten Video

Hari ini saya dapat notifikasi ini dari facebook, Selasa 18 Juni 2024 : 



[19/6 07:41] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Salah 1 contoh iklan in-stream yang nempel di konten. Ada tanda kuning di trek durasi video.
[19/6 07:42] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Biasanya akan muncul iklan ketika kita memutar video nya
[19/6 07:43] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Barangkali aja ada yang belum tau
[19/6 07:44] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ini akun halaman FB, tema akun nya tekhnologi dan astronomi.

Biasanya banyak yang suka juga konten² seperti ini


Ini konten menghibur dan ada nilai edukasinya


[17/6 20:48] +62 853-5290-0670: Ini konten reupload semua mas dan musik juga dibikin saat editing, apa tetep bisa monet hanya dgn skil editing + suara narasi asli.?
[17/6 20:49] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bisa. Kan emang meta gak melarang video reupload
[17/6 20:50] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Cuma kalau mau reupload maka formatnya harus  sesuai aturan Meta


[17/6 20:58] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Konten semacam ini sudah sesuai format meta. Baca di sini : https://id-id.facebook.com/business/help/262834734651607
[17/6 20:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Di bagian *konten yang di tingkatkan secara berarti*
[17/6 20:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: 50 50

[17/6 21:01] +62 853-5290-0670: Iya mas mau bangun akun yg bener2 sesuai aturan dari meta ajah tadinya,
[17/6 21:01] +62 853-5290-0670: Nanti saya pelajari lgi masπŸ™


[18/6 08:11] Anita Handayani [CM]: Aturan Meta itu seperti apa Kak?
Kalau kita klik Meta, itu free ya?
[18/6 08:31] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: https://t.me/c/2075383249/65

Yang ini. Sudah ada di channel Telegram materi

[18/6 10:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Meta itu nama perusahaannya Bu 

Brand merk aplikasi nya ada Facebook , WhatsApp dan Instagram.
[18/6 10:28] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Contoh PT Indofood itu brand merk makanannnya ada sarimi, popmie, supermi dll

[18/6 10:37] Anita Handayani [CM]: Kak, kenapa ya, Status yang saya buat kemarin, di halaman facebook saya malah gak ada yang jawab
[18/6 10:38] Anita Handayani [CM]: Tapi status saya yang disini, yang dibagi oleh Autoyami ke group nya malah banyak yang jawab
[18/6 10:40] Anita Handayani [CM]: Ini statusnya, gak ada yg jawab di halaman fb saya
[18/6 10:40] Anita Handayani [CM]: Kenapa ya?
[18/6 11:00] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bisa jadi karena teman di  akun sendiri lebih sedikit dari pada follower di akun ini
[18/6 11:47] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Mungkin kurang menarik perhatian, sebelumnya interaksi dengan teman FB nya di mana?
[18/6 11:48] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bisa jadi status nya tenggelam karena jam posting nya bukan di jam ramai orang pegang hp
[18/6 11:48] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Status nya udah di publik belum?
[18/6 12:01] Anita Handayani [CM]: Ud
[18/6 12:01] Anita Handayani [CM]: Di group WA
[18/6 12:01] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Maaf salah ketik. 

Mungkin kurang menarik perhatian, sebelumnya interaksi dengan teman FB nya bagaimana?
[18/6 12:26] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Coba pertemanannya di tambah, tingkat kan interaksi nya
[18/6 12:26] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Baca modul 10 dan 11
[18/6 16:45] Anita Handayani [CM]: Setelah saya buat Video Game, dan dibuat status seperti ini 
[18/6 16:45] Anita Handayani [CM]: Baru deh di facebook saya ada komen2
[18/6 18:25] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Nice Bu πŸ‘πŸ»






Atau bisa juga yang seperti akun ini :


Konten tema video berita viral


[17/6 20:57] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Jangan hanya karena ada iklan terus di jadikan itu akun udah Monet
[17/6 20:57] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Sekarang hampir semua konten di FB ada iklannya dan kita gak bisa membedakan akunnya udah Monet atau belum
[17/6 20:57] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Yang di jadikan itu aturan meta nya



[18/6 21:25] Anita Handayani [CM]: Kak, saya dapat notif spt ini dari facebook, maksudnya apa ya kak?
[18/6 21:25] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Di suruh buat lagi karena di nilai bagus
[18/6 21:26] Anita Handayani [CM]: Oooh... tapi gak dapat monet ya kak?
[18/6 21:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Monet atau tidak bisa di liat dari fitur Monetisasinya nya
[18/6 21:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Udah kebuka apa belum?
[18/6 21:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Baru bintang dan langganan?
[18/6 21:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Buka dashboard profesional nya
[18/6 21:27] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Cari bagian monetisasi
[18/6 21:28] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Modul 3 udah di bahas soal ini
[18/6 21:31] Anita Handayani [CM]: Apakah buat reel harus dari sini???
[18/6 21:32] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Iya ini fitur bintang yang baru kebuka
[18/6 21:32] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Tidak bu


Itu VOD mbakπŸ‘† jadi bisa panjang video yang kita upload
Itu bukan reels. Reel itu durasi ya terbatas
Iya karena durasi Reela maksimal 90 detik
[19/6 10:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: VOD
[19/6 10:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Video on demand
[19/6 10:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Video durasi panjang durasi lebih dari 90 detik

Tanya :
Idealnya sehari berapa video reel ka?
Jawab :
[19/6 08:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Min sekali. Tapi kalau mau cepet bisa 3 kali. Pagi siang malam
[19/6 08:59] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Update aplikasi nya bertahap kak


Tanya :
Kak @⁨Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO⁩ , VOD saya ada tampilan iklan seperti ini, apa yang harus saya lakukan? Membiarkan aja atau bagaimana? Mohon petunjukπŸ™‡

Jawab :
[19/6 13:49] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Iya biarkan aja Bu.
[19/6 13:50] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Fitur Monet instream nya belum kebuka kan?
[19/6 13:50] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Nanti kalau kebuka akan muncul notifikasi *siapkan*

[19/6 15:31] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: jika mau bikinvideo reaksi
[19/6 15:31] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Yang di modul itu jika aplikasi rekam layar bawaannya gak support maka harus pakai aplikasi lain bu
[19/6 15:31] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Namanya x recorder

[19/6 18:25] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ini insight akun bu
[19/6 18:25] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Seberapa jauh akun kita di liat orang.

Gimana tingkat interaksi di akun kita
[19/6 18:25] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kalau angka nya hijau itu artinya bagus
[19/6 18:25] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kalau merah artinya ada penurunan
[19/6 18:26] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kalau orang jualan itu seperti laporan penjualan perusahaan
[19/6 18:26] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Berapa yang beli, ada kerugian berapa, berapa keuntungan nya
[19/6 18:26] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Dst





Tanya :
[20/6 16:37] +62 812-2491-051: klu kita uplod film anime gtu,,di vod ,,bakal jadi maslah ngga yah kedepan nya ka?
Jawab :
[20/6 16:37] +62 812-2491-051: ini akun orang lain
[20/6 16:37] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Jelas masalah. Emang siapa kita? Echiro oda? Masashi Kishimoto?πŸ˜…
[20/6 16:38] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ini murni reupload Langsung di upload aja tanpa editan
[20/6 16:38] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Kita bukan pemegang hak cipta dari anime tersebut
[20/6 16:39] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Tapi kalau akunya bukan untuk monetisasi ya bebas aja

[20/6 16:40] +62 812-2491-051: klu d edit bisa dengan car materi 17 yah ka?
[20/6 16:41] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Bisa aja. Tapi siapa yang mau nonton video anime di potong² ?
[20/6 16:42] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Gak nyaman kalau video anime itu beda sama aslinya


[22/6 21:44] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Pengikut profil : itu bisa dari teman FB atau dari akun orang yang follow kita tapi belum tentu berteman dengan akun FB kita
[22/6 21:44] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Pengikut netto : jumlah pendapatan pengikut bersih dalam kurun waktu tertentu.
[22/6 21:45] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Pengikut reels itu jumlah akun yang mengikuti dari konten reels yang kita buat
[22/6 21:45] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Jadi ada beberapa akun yang follow akun kita karena nonton reels kita



Modul 13 RISET KONTEN DAN HASTAG

Tutorial di Telegram : 
Tutorial di facebook :

Kali ini kita akan belajar soal cara riset
konten dan hastag. Kenapa ini perlu di 
lakukan? Agar dalam eksekusi nya nanti bisa
benar-benar berhasil.

Views kontennya tinggi, menjangkau banyak
audiens, dan bikin betah orang nongkrongin
akun kita.

Jika temen-temen sudah menentukan niche 
konten yang di pilih maka selanjutnya anda
bisa mencari-cari dulu referensi model 
konten yang ada di dunia Maya.

RISET KONTEN


Ada 4 tempat media sosial yang bisa kita
jadikan sumber referensi dalam
pembuatan konten reels Facebook atau
video. Cobalah cari yang tanpa ada musik
dalam konten reels atau videonya.

1. Facebook

Silahkan masukkan kata kunci di pencarian
Facebook sesuai Niche akun anda. Contoh
kata kunci keluarga sakinah mawadah
warahmah untuk Niche akun parenting 
keluarga Islam. Lalu geser di bagian reels atau video







Klik tab Video :
Jika klik Video, maka akan muncul Video2 sesuai dengan Niche kita (Niche saya : Quest Game Tibiame). Tampilan nya akan diurut, yang terbaru ada diatas. Kita nanti pilih yang paling banyak di tonton orang.

Klik tab Reels : 
Jika klik Reels, maka akan muncul Reels2 sesuai dengan Niche kita (Niche saya : Quest Game Tibiame). Tampilan nya akan diurut, yang terbaru ada diatas. Kita nanti pilih yang paling banyak di tonton orang





Silahkan geser seperti pada gambar di bagian video atau reels video :


Misal kita mau download Video game yang ini : 

TibiaMe Demond Island with The Legend

Url nya : 


Downloadnya Video di Facebook pakai Browser Chrome https://snapsave.app  atau FB Re-Upload



Klik Unduh
Maka videonya akan tersimpan di galery kita :  




2. TikTok


Masukkan kata kunci juga seperti contoh
sebelumnya di kolom pencarian Tiktok.


Jika anda mau
mendownload videonya
untuk di jadikan bahan
reupload di Facebook 
maka jangan download 
lewat aplikasi Tiktok, 
tapi bukalah di 
SNAPTIK agar tidak
ada watermark dari
Tiktok. 
Caranya
:
a. Silahkan copy dulu
link video Tiktok
yang anda inginkan.


b. Buka google di aplikasi chrome. 
Ketik "snaptik". Anda bisa klik yang 
atas atau bawah. Jika pakai link 
downloader yang atas tidak bisa anda
bisa pakai yang bawah.


Saya contohkan pakai link downloader 
yang bawah tadi ya.
setelah di klik dan muncul seperti ini
selanjutnya anda paste atau tempel
link nya di kotak yang tersedia.


Contoh yang di Tiktok : 

Ambil link nya yang atas, yang paling banyak di tonton orang :



Klik Download / Unduh / tunggu sebentar maka akan muncul tampilan ini, tandanya vidro dari tiktok sudah ada di galery hp kita 


Cara nulis Judul Text nya : 

Tibiame - Pentora
DailyQuest Npc Agonius 129k Exp
#Tibiame #Dailyquest #gamejadul #TikTokPromote #gameoldcomeback

Sampulnya seperti ini :

3. YouTube


Untuk di YouTube, kita akan riset yang video 
YouTube short. Begini caranya:

a. Silahkan klik yang bagian short lalu
masukan kata kunci pada kolom pencarian.


2. Kemudian klik
 pada video yang 
 anda inginkan. Klik
 bagikan dan salin
 link.


c. Setelah ini masuk ke google pada
 aplikasinya chrome dan ketik
 alamat yt1s.ltd
Seperti di samping ya tampilannya. 
Pilih YouTube to Mp4, tempel link 
YouTube short yang di salin tadi dan
klik convert.
Tunggu prosesnya selesai.


d. Setelah muncul seperti ini anda klik
 download pada kwalitas video yang 
 terbaik yang paling atas yakni
 dengan resolusi 480p.
Tunggu lagi prosesnya hingga seles


e. Setelah selesai prosesnya
 akan jadi seperti ini dan anda
 klik download.


Contoh : 


Cara menulis judul nya :
TibiaMe MM0 - Quest Daily Ephialtis



Deskripsi :
TibiaMe MMO - Wuest Dailt Epgilatis Leviatacle

Ambil link nya : 


Saya pilih yang paling atas 

Maka di galery kita akan ada video  tsb : 


4. Instagram


Untuk Instagram prinsipnya juga sama ya, 
salin link tautan konten nya lalu download 
pakai situs downloader di google. Caranya :
a. Buka aplikasi Instagram, cari konten di 
reels IG. Sebelumnya silahkan masukkan
kata kunci sesuai Niche akun anda. Di sini
ya


b. Klik konten yang anda
 mau. Lalu klik logo 
 panah segitiga lalu klik
 salin tautan


c. Sekarang buka google pada aplikasi
 chrome lalu masukkan alamat
 sssinstagram.com seperti ini.
Dan anda tempel link yang anda salin
tadi pada tempat yang di sediakan
seperti pada gambar. Lalu klik unduh.


Contoh Reels instagram, saya pilih yang paling kanan atas :

Link instagram nya : 

Scroll ke bawah klik download : 

Maka reels yang ada diinstagram akan ada di hp gallery kita, ini  game dead di King Buffy Fluffy Ruffy di Ashmor Castle : 


Setor Tugas Modul 13  yaitu 5 Hastag yang banyak posyingannya di facebook sesuai dengan Niche saya, yaitu Game Tibiame yaitu #tibiame 
#rpg 
#tibiame 
#online 
#gaming 
#gamers
#gamejadul
#warrior
#w15
#game
#cipsoft
#gamemobile
#googleplay
#battle
#gameonline

Contoh judul : Tibiame w15 Quest Huntera Island

MODUL 14. TRIK BIKIN KONTEN RRUPLOAD ANTI PELANGGARAN


Tutorial di Telegram : 

Tutorial di youtube :

Assalamualaikum...
Alhamdulillah sampailah kita pada materi
yang paling di tunggu-tunggu :D
Apa itu? Yakni ngonten!
Tapi sebelumnya mari kita pahami dulu
Prinsip-prinsip penting dalam pembuatan
konten di Facebook profesional ini.

1. Konten Asli

Facebook sangat menekankan untuk
setiap akun membuat konten yang benar-
benar asli. Contoh konten asli yang di 
maksud Facebook adalah :
A. Episode baru, klip, atau trailer acara
yang dibuat oleh produser, pemain, atau
jaringan.
B. Vlog kreator.
C. Konten yang direkam oleh penerbit.
D. Liputan berita oleh penyiar berita.
Ini artinya anda langsung
ngomong depan kamera sudah
masuk dalam kategori konten asli

2. Konten Reupload

Jika kita belum ada keberanian
berbicara depan kemera maka kita bisa
membuat konten reupload. Facebook 
tidak melarang kita untuk memposting
konten milik orang lain di akun kita
dengan catatan harus memiliki nilai
tambah yang berarti.
Contoh peningkatan yang 
berarti meliputi:

A. Persona yang selalu muncul dan
menambahkan informasi baru
misalnya muncul di overlay video 
untuk menambahkan komentar.


B. Teks atau narasi suara yang 
selalu muncul dan menambahkan
informasi baru, misalnya
Halaman atau Profil olahraga
yang menambahkan detail 
tentang kinerja pemain pada
sebuah klip.

C. Pengeditan konsisten yang selalu
digunakan dan menambahkan
informasi baru, misalnya kompilasi
klip yang menyertai seseorang dalam
menceritakan kisah hidupnya atau
10 daftar kategori produk
terpopuler dengan detail harga atau kinerja.

3. Pelanggaran Konten Tidak Asli

2 hal yang kita bahas tadi adalah
bagaimana sebuah konten
memenuhi syarat untuk di 
monetisasi. Tapi meski demikian
kadang saat kita membuat
sebuah konten kadang merasa
sudah membuat seasli mungkin
tapi Facebook menandainya
sebagai konten tidak asli atau
keaslian terbatas.
Maksud dari keaslian terbatas
adalah editannya yang sangat
minim sekali.
Ada tiga perilaku utama yang bisa
menyebabkan akun Anda ditandai
sebagai keaslian yang terbatas :

A. Editorial Terbatas

Konten reupload dengan peningkatan kecil tetapi tidak
berarti (voiceover, komentar, grafik, atau pengeditan
kreatif yang tidak menambahkan nilai). Contoh
peningkatan yang kecil meliputi :
- Bilah meme
- Logo
- Musik latar belakang
- Mengubah kecepatan video
- Menambahkan transkrip subtitle 
dalam bahasa yang sama dengan bahasa
audio
- Mendeskripsikan hal yang terjadi di 
video tanpa informasi tambahan


B. Menggabungkan Video

Mengompilasi dan memposting video dari
beberapa konten kreator pihak ketiga. 
Contohnya meliputi:
- Mengurasi konten dari beberapa sumber
tanpa peningkatan yang berarti
- Menggabungkan video tanpa ada
peningkatan yang berarti

C. Konten Duplikat

Memposting konten yang sudah ada di 
Facebook, tetapi tidak memiliki peran
yang berarti dalam pembuatannya.
Jadi misalkan anda download konten di 
Facebook dari akun lain tanpa
penambahan berarti (editan yang berarti) 
maka konten anda masuk dalam kategori
Duplikat.
Nah itulah tadi 3 Prinsip
pembuatan konten yang di 
tekankan oleh Facebook. Anda bisa
baca lengkapnya di sini : 
https://id-
id.facebook.com/business/help/26
2834734651607


Siapkan konten yang akan di Re- Upload

Kita bisa pakai X-Recorder atau Aplikaai bawaan hp

Sekarang kita pakai Aplikasi bawaab hp namnya perekam Layar

Klik aplikasi Prekam Layar agak lama lalu atur settingannya 

Rekam suara mikrofon on
Rekam suara sistem on


Rekam video camera depan on

Jadinya seperti ini 

Kita akan memberi narasi atau mengomentari sebuah video re-upload yang kita buat.



Cara penggunaan X-Recorder : 


Aktifkan icon mengambang

Izinkan X-Recorder mengakses foto dan video di perangkat kita

Jangan izinkan X-Recorder mrngirimkan  notifikasi kepada kita


Ceklist Pengurangan Kebisingan

Izinkan X-Recorder merekam video Saat Aplikasi Digunakan


Atur jadi seperti ini, mikrofon 150% : 

Mode Streamer di oke (aktifkan)

Settingan x-Recorder hasil akhirnya jadi seperti ini :


Klik Rekam 

Klik Mulai Sekarang




Maka hasilnya seperti iniπŸ‘†


Klik Kamera untuk mengaktifkan foto kita ada di layar hp ketika merekam di X-Recorder


Kalau di aplikasi Perekam Layar, klik gambar orang maka foto kuta ada di hp ketika kita merekam 

Tanya :Kak tanya dong, kalau mau buat Konten Game, bagusnya pakai model Konten yang mana? Apakah Konten model Shoot langsung atau Konten Podcast atau Konten Overlay atau Konteb Greenscreen
Jawab :
Overlay aja Bu. Sambil kita ngomonentarin permainan kita.
Jadi orang akan fokus nonton tampilan visual gamenya.
Dan sound nya nanti isi dengan overlay kita yang lagi ngomong

[23/6 17:31] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Contoh seperti ini aja
[23/6 17:31] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Ini di YouTube


Tanya :
Saya jg hampir setiap setelah upload video reel di FB trus saya upload ulang di akun Tiktok saya...
Apakah itu jg akan mempengaruhi monetisasi FB bang @⁨Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO⁩?
Jawab :
[Gpp tapi di jadwal ya
[24/6 09:55] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Misalkan
Untuk FB 
Senin konten 1
Selasa konten 2
Rabu konten 3

Untuk Tiktok
Senin konten 3
Selasa konten 2
Rabu konten 1

[24/6 16:21] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Itu kalau saya seperti itu Bu, buat antisipasi aja kalau-kalau kena PL konten tidak asli.

Gak harus sama dengan cara saya
[24/6 16:22] Akbar Wibisono Mentor Kursus Facebook PRO: Atau bisa di bedakan juga mungkin dari efek video, filter atau kecepatan video


MODUL 15. MUDAH NGONTEN LANGSUNG DARI REELS 

Tutorial di Telegram : 
Tutorial di Youtube :

https://youtu.be/Qn1ze3eDeXo?si=88OlQ9Jpb90O38P4


Caranya :
  1. Pertama, silakan Anda masuk ke "Buat Reels' 

  2. Pilih "Kamera" 

  3. Arahkan kamera ke objek yang ingin dijadikan konten. Setelah posisi dirasa pas klik logo video. Shoot dimulai. Anda bisa memulai merekam objek yang Anda inginkan untuk dijadikan konten. Lakukan minimal selama 5 detik. Untuk mengakhiri, Anda bisa dengan Klik kembali logo video tadi. Shoot selesai. 

  4. Dari sini Anda bisa langsung dengan menambah teks atau mengedit kembali videonya. Yaitu dengan meng-KLIK Edit  Reel yang ada di bagian pojok kiri bawah. Nantinya akan nampak seperti pada gambar di samping. 

  5. Pilih kamera untuk menambah video dengan cara merekam langsung dari kamera. Pilih galeri untuk menambah video dengan cara memanfaatkan foto atau video dari stok yang ada di galeri. Yang perlu diperhatikan saat menambah video ataupun foto yang dari galeri adalah pilihlah foto atau video dengan rasio penuh menutup layar, ya. Atau 1080 x 1920 piks, dengan perbandingan 9:16 . Mengapa ini perlu? Yaitu supaya hasil tidak nampak seperti gambar. Ada bagian hitam di bagian atas dan bawah layar. Sehingga tampilan jadi mengganggu dan kurang menarik. Paham, ya? Untuk menghapus foto atau video yang  tidak diinginkan Anda bisa dengan memilih gambar tempat sampah, ya. O iya. Untuk memperpendek atau mengatur durasi video, di sini ada 2 

  6. Pertama, Anda bisa dengan langsung pilih klip yang ingin diperpendek. Tekan agak lama  lalu tarik masuk bagian ujung video sesuai keinginan. 

  7. Kedua, yaitu Anda bisa dengan memilih menu Potong Otomatis. Nantinya tampilan akan seperti pada gambar di samping. Anda tinggal menyesuaikan. Bisa dengan menggeser klip sesuai keinginan. Atau juga menarik masuk bagian ujung klip seperti pada cara yang pertama tadi. 

  8. Nah, selain Potong Otomatis, di bagian bawah Anda juga akan menjumpai menu lainnya, ya. Ada kecepatan, Potong, cermin, split, dsb. Untuk ini, silakan Anda bisa coba sendiri untuk masing-masing fiturnya, ya. Saya lanjut untuk menambahkan teks. Yaitu Anda cukup dengan memilih menu 

  9. Ketik apa yang diinginkan. Atur warna dan sebagainya untuk mewakili pesan yang  ingin disampaikan. Sedikit saja masukan dalam memilih warna teks. Pilihlah warna dengan kontras yang cukup dengan background ya.  Sehingga teks bisa dengan mudah terbaca. SELESAI soal editing. Tinggal tambah caption, hashtag, lalu posting. Selesai
  10. Nah, sekarang giliran anda untuk praktek membuat reels  langsung dari apliaksi facebook.
  11. Buat reel / pilih camera jika mau buat yang baru atu ambil dari video yg pernah kita buat di capcut / tambahkan Efek / Tambahkan Text (cubitvlayarvhp untuk.mengatur besar kecilnya text) / tambahkan musik / Tambahkan sticker / untuk mengatur panjangnya video reel tinggal klik videonya lalu taruk ke dalam / selesai, jadi tambah cantik lho video nya
  12. Hasil nya bisa dilihat disini : https://www.facebook.com/share/r/qxKG63g1eV1JQiDK/?mibextid=oFDknk

Katanya saya tinggal konsisten ngontennya aja kalau sudah Nemu tema dan cara ngeksekusi Konten nya πŸ‘πŸ»

Informasi :
Hari ini saya dapat notif atau pemberitahuan dari facebook seperti ini, sabtu, 13 Juli 2024 pukul 9.00 pagi 
Isi notif nya :
Rekap kinerja Anda sudah siap!
Lihat insight profil Anda dan bagikan kemajuannya.
Rekap kinerja Anda sudah siap!
Lihat bagaimana kinerja profil Anda selama 90 hari terakhir.

Anda mendapat perhatian orang-orang!
Insight 90-hari Anda:
23 pengikut baru
296 postingan baru
455 tanggapan

Lalu saya posting 
Saya mendapatkan 23 pengikut, membuat 296 postingan dan menerima 455 tanggapan dalam 90 hari terakhir! Terima kasih atas dukungan berkelanjutan Anda. Saya tidak mungkin berhasil tanpa Anda. πŸ™πŸ€—πŸŽ‰


Postingan populer Anda
Anda mendapat 13 tanggapan dan 10 balasan

Lalu saya posting :

Saya mendapatkan 13 tanggapan dan 10 balasan di postingan populer terbaru saya! Terima kasih atas dukungan berkelanjutan Anda. Saya tidak mungkin menyelesaikan ini tanpa Anda. πŸ™πŸ€—πŸŽ‰

Poatingan itu mengarah ke sini :

https://www.facebook.com/share/v/fKi8C8WAhiVqZgch/?mibextid=oFDknk



Ini tulisan saya buat menjawab status saya sebelumnya

Quest 236k Exp, Quest Antidote, npc Vaccinar di Pulau Aurea Game TibaMe 

Mention :
AThat ZhAng Satria TibiaMe Ali Ryu Autoyami Persa Prancisko Mohammad Wahid Rega Mandella Misbah Dhiya Andika Nadwa Ton Amen Cen 

Hastag :
#game #games #gameonline #gametibiame #tutorial #quest #questexp #questexperiences #questdipulauaurea #kontenkreatorindonesia #kontenkreator #questantidote 

Ini ya teman2, janji saya sudah saya laksanakan bikin Quest 236k Exp, Quest Antidote, Quest Obat, npc Vaccinar di Pulau Aurea, Game TibiaMe. 
Quest ini ud lama, tapi ini quest nya versi saya, semoga bermanfaat, terutama buat gamers yang masih baru.

Ini statusnya, yang saya buat 15 Juni 2024 :

Siapa nih yang pengen lihat saya buat Video Quest Antidote (npc Vaccinar di Aurea) yang bisa dapetin 230k Exp? 
Wow... banyak lho Exp yang didapetin bisa bikin kita cepat up level...
Ayo... kasih jawaban di kotak komen ya....
#GameTibiaMe


Status saya membagikan ke 3 group facebook :


 
Sehingga status saya itu muncul di group2 ini:


Di group Autoyami 
ada 5 like dan 34 komentar
Di group [ TiniaMe Wkels 15]  
ada 6 like dan 4 komentar

Lanjutkan
Pengikut Anda ingin tahu kabar Anda.
Bagikan hal baru dan mulai percakapan




MODUL 16 REMIX VIDEO REELS

Ini link tutorial di Telegram :

Ini tutorial di Youtube :


Caranya :
1. Kali ini kita akan belajar soal cara riset
konten dan hastag. Kenapa ini perlu di 
lakukan? Agar dalam eksekusi nya nanti bisa
benar-benar berhasil.
Views kontennya tinggi, 
menjangkau banyak audiens, 
dan bikin betah orang nongkrongin akun kita.
Jika temen-temen sudah menentukan niche 
konten yang di pilih maka selanjutnya anda
bisa mencari-cari dulu referensi model 
konten yang ada di dunia Maya.
2. RISET KONTEN
Ada 4 tempat media sosial yang bisa kita
jadikan sumber referensi dalam
pembuatan konten reels Facebook atau
video. Cobalah cari yang tanpa ada musik
dalam konten reels atau videonya.
1. Facebook
Silahkan masukkan kata kunci di pencarian
Facebook sesuai Niche akun anda. Contoh
kata kunci keluarga sakinah mawadah
warahmah untuk Niche akun parenting 
keluarga Islam. Lalu geser di bagian reels

3. Silahkam geser seperti pada gambar di bagian video atau reels video.





Penulis : Anita Handayani 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan memposkan komentar ^.^

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...