Teknik Melepaskan Diri dari Stres

Senin, Februari 27, 2023 |

SEJI-GO Tips 

TEKNIK MELEPASKAN DIRI (dari stres)

Setiap orang pernah merasakan stres dalam hidupnya. Stres dapat diatasi dengan melakukan manajemen stres yang akan membuat stres menurun sehingga kehidupan kita bisa lebih baik, kita berfungsi melakukan aktivitas. 

Salah satu teknik melepaskan stres adalah : "TEKNIK MELEPASKAN DIRI"

Setiap orang berusaha untuk menghilangkan pikiran dan perasaan yang berat dengan berbagai cara. Cara – cara tersebut antara lain adalah : membentak, mencoba tidak memikirkan, menghindari orang, tempat, situasi, tidak keluar kamar, mengisolasi diri, menyerah, merokok, minum alkohol, narkoba, bertengkar, menyalahkan diri sendiri, dll. 

Tetapi saat mencoba menghilangkan pikiran dan perasaan yang berat tersebut, yang terjadi justru hidup menjadi lebih buruk. 

Ada cara yang dapat digunakan agar kita bisa terlepas dari pikiran dan perasaan yang berat yaitu teknik melepaskan diri.


Langkah-langkah :


1. RASAKAN  

Rasakan pikiran dan perasaan yang berat/sulit itu. Ijinkan perasaan yg tidak nyaman itu hadir.


2. NAMAI 

Namai perasaan dan pikiran yang berat itu, 

misal : 

-ini ada rasa tertekan di dada, 

-ini kepalaku terasa berat, 

-ini kenangan yang menyakitkan, 

-ini rasa takut akan masa depan, 

-ini pikiran sulit tentang masa lalu, 

-ini amarah, 

-ini pikiran sulit tentang keluarga saya, 

-dll. 

Tambahkan frasa “saya merasa” pada nama dari pikiran dan perasaan yang berat itu, sehingga menamainya menjadi : 

●saya merasa ini rasa tertekan di dada, 

●saya merasa ini kepala saya berat, 

●saya merasa ini adalah marah, 

●saya merasa ini rasa tidak nyaman di perut, 

●saya merasa ini pikiran tentang yang saya takutkan, 

●saya merasa ini pikiran tentang keluarga saya yang saya takutkan

●saya merasa ini kenangan yang memyakitkan

●saya merasa ini adalah rasa takut akan masa depan

●saya merasa ini adalah pikiran sulit tentang masa lalu

●dll


3. BERFOKUS KEMBALI pada kegiatan Anda, 

apakah itu 

♡memasak, 

♡makan, 

♡bermain, 

♡mencuci, atau 

♡berbincang dengan teman dan 

MENGHIDUPI penuh kegiatan tersebut; 

BERI PERHATIAN PENUH kepada orang di sekitar Anda, 

siapa pun itu, dan 

BERI PERHATIAN PENUH kepada kegiatan Anda,

apa pun itu.


Salam SEJI-GO 

(Sehat Jiwa Bersama Lahargo)

dr. Lahargo Kembaren, Sp.Kj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan memposkan komentar ^.^

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Label

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...